Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Modifikasi Motor Satria 120 S 2 tak


Pada akhir tahun 2006 diperantauan, Ane membeli motor satria  dari seorang kenalan teman setelah dipinjam selama seminggu Ane jatuh cinta sama motor itu dan akhirnya Ane beli dengan harga 5 juta. Motor itu oleh pemilik lamanya sudah sering dipake balapan., adapun spesifikasi motor tersebut sbb:
Merek Motor  : Satria 120 S  tahun 1998
Transmisi         : 5 Speed (kopling suah diganti dengan manual.
Karbu             : sudah diganti dengan RX king keihan 28
Mesin              : dikasih dua yang originil  dan yang oversize 50
Knalpot           : dikasih 3, originil sudah dibobok, kalajengking, dan kolong.
Body                 : dikasih 2 sheet body

Setelah liat-liat di internet ahirnya ane berani untuk eksperimen  untuk piston Ane pake yang orisinil oversize 0, demikian juga knalpot pilih yang original yang sudah dibobok.Untuk urusan set karburator Ane srahin ma bengkel dengan catatan pake langsam tujuannya supaya tidak boros dan gak pegal. Lalu Ane pake gir 36-14, wuih udah dapet top speednya. Untuk mengakali akselerasi akhirya Ane pake gas spontan yang murah (kan gak pengaruh pada mesin) akhirnya dapet tuh keduanya akselerasi yang cepat dan top speednya pun lebih panjang.

Setelah satu tahun make kinerja motor jadi berkurang  yaitu boros bensin 25km / liter, sering netes sampe Ane pasang kran compressor angin, bohlam sering mati, Accu mudah soak.Busi Hitam, kata kata montir bengkel  harus ganti Kiprok tapi masih juga Accu sering soak sampe 2 kali ganti Kiprok dan 2 kali ganti Accu. Ane sempat jengkel pada waktu itu malah sempat kepikiran mau jual.

Disaat mau jual tiba-tiba tunanganku minta nikah sehingga gagal ganti motor, akhirnya Ane coba tanya sana-sini di dunia maya dan akhirnya dapatlah saran untuk ganti CDI, Ane pada saat itu pilih CDI Bintang Racing Team (BRT) Hyperband Rp 340.000 (maunya sih yang dual band).

Setelah diganti wuih hasilnya mantap bro PEMBAKARAN SEMPURNA, sekarang motorku gak pernah netes lagi busi tidak hitam lagi, dan sangat mengagetkan konsumsi bahan bakar jadi irit.Berikut spesifikasi motor yang sekarang ;

Karbu                           : RX King Keihan 28
Piston                            : Oversize 0
Knalpot                         : Original sudah dibobok
CDI                               : Unlimiter BRT
KIPROK                      : Satria 150 FU Fukuyama
Coil                               :Satria FU Standar
Gas  Spontan                 : Lire
Gir                                 : 36-14
Olie samping                   : Castrol Low smoke
Busi                                 : Standar
Garpu depan                     : GL pro
Batok Kepala                   : FU
Disk brake depan               : Yamaha Vixion
Hasilnya : akselerasi cepat dan Top Speed bisa ngalahin FU standar (gak tau kalau yang korekan)
Konsumsi bahan bakar :  35-40 Km/ Liter 

Jadi ternyata jka ingin motormu cepat (khususnya untuk harian) gak usah korek-korek segala tapi benahi system pengapian sehingga didapat pembakaran yang sempurna.







7 komentar:

denie blogs mengatakan...

mas ada knalpotnya yang racing ga" tpi tuker tambah ma yang saya untuk satria 2 tax

Anne Ariani mengatakan...

@denie : waduh kemarin saya baru pindah rumah, jadi knalpot racingnya tinggal.
tapi cari aja banyak koq, malah sekarang saya cari yang standar.

Yudie Ridjaldy mengatakan...

Maaf mau tanya...
Saya punya motor satria 120 RR akhir" nie kalo mtor saya ga d'pke atau k'dinginan pas mau d'nyalain ssah nyala truz klw dah nyala dri knalpotnya keluar cairan b'warna hitam dan busi pun sering banjir...
Cara mengatasinya atau memperbaikinya gimana ??
Pa da yg rusak atau gimana ??

Ma ksih sebelumnya

Anne Ariani mengatakan...

@ yudie Ridjaldy, kelemahan motor satria apabila lembab/hujan jadi sering banjir, hal itu diakibatkan karena kandungan bahan bakar menjadi lebih banyak bensin ketimbang udara. Coba cek lagi apakah saringan udaranya masih ada?

Anonim mengatakan...

om mau nanya nih kalau itu batok kepala FU a pake spidometer gak?
mksih

bayu priatmoko mengatakan...

bro... gemana caranya masang karburator rx-king ke satria s...? apakah mesti ganti manipol... kan secara ukuran karburator rx king lebih besar sehingga kalau pake manipol standar pasti mentok di mesin tuh karbu rx king nya...

bayu priatmoko mengatakan...

bro caranya ganti kopling otomatis ke manualnya gimana....