Perbandingan Jasa Pengiriman POS VS JNE VS TIKI


A.SUMBER DAYA
1. Pos Indonesia
    Kepemilikan :100 % Negara
    Titik Layanan : 3.846 cabang sendiri, 700 cabang sewa, Agenpos 26.000 sumber : www.posindonesia.co.id dan www.agenpos.co.id

    Jumlah Pegawai : 29.000 orang

2. JNE
    Kepemilikan : 100% Swasta
    Titik Layanan :5.000 layanan (sumber : M. Feriadi Presiden Direktur ; Majalah Marketers Edisi
     Maret 2016)
    Jumlah Pegawai : 12.000 orang

    

3. TIKI
    Titik Layanan : 65 Cabang, 500 Agents




B. ANALISIS

1. Collecting
JNE adalah perusahaan yang paling dekat dengan pelanggan, perusahaan ini banyak membuka cabang di sentra oleh-oleh, berdekatan dengan sentra produksi, di mall, malahan buka cabang di Toko Buku.
Pos Indonesia sekarang sudah mulai membuka Agenpos-agenpos juga untuk mendekatkan diri ke pelanggan.

2. Harga
Harga yang paling murah adalah Pos Indonesia, selanjutnya TIKI, dan yang paling mahal adalah JNE.

JNE menghitung tarif dibulatkan cotohnya kiriman sebesar 600 gram dibulatkan  menjadi 1 Kg, sedangkan klasifikasi tingkat berat Pos Indonesia lebih fleksibel.

3. Jangkauan
Jangkauan paling luas adalah Pos Indonesia mereka menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia, sedangkan JNE dan TIKI hanya kuat di pulau jawa.

Untuk kiriman internasional Pos Indonesia tidak ada bandingnya, kiriman EMS ke Jepang hanya butuh waktu 4 hari.

4. Track And Trace
Pos Indonesia, JNE, dan TIKI masing-masing sudah dilengkapi oleh fasilitas jejak lacak malah sudah ada di google Playstore...acung jempol untuk ketiganya.


5. Antaran
Kelebihan JNE dan TIKI adalah ketika alamat tidak jelas, pengantarnya sering menelpon, sedangkan pengantar Pos Indonesia katanya sih gak boleh menelpon pelanggan.

Fasilitas telpon juga ternyata menjadi kelemahan, seringkali pelanggan JNE dibuat kecewa karena pelanggan disuruh datang ke kantor cabang untuk mengambil kiriman.

6. Keluhan
Ketiga perusahaan sudah mempunyai sistem penanganan keluhan cukup baik, Pos Indonesia dan JNE sudah memanfaatkan media sosial sehingga lebih gampang dan mudah bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhan.




C. OUTPUT



1. Perusahaan-perusahaan besar mengirimkan tagihan billingnya mayoritas melalui Pos Indonesia, tentu keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan yang masak.

2. Distribusi-distribusi proyek Pemerintah seperti Soal Ujian, Kiriman Pilkada, Kartu BLT/BLSM, sampai penyaluran tabung LPG 3 kg melalui Pos Indonesia.

3 Beberapa postingan di Media Sosial malah memperlihatkan bahwa di daerah terpencil banyak kiriman JNE/TIKI yang diteruskan melalui Pos Indonesia.


Siapakah yang lebih baik? itu tergantung selera, yang jelas mereka kadang bekerjasama loh...contohnya banyak kiriman JNE dan TIKI dikirim melalui Pos..








Baca juga : Saluran Distribusi Terbaik di Indonesia

Reaksi: