Si Pirang Bekas Perawat Qaddafi Minta Suaka Politik di Norwegia

Jumat, 06 Mei 2011 06:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,OSLO--Seorang bekas perawat pemimpin Libya Muamar Gaddafi yang dilukiskan oleh media sebagai "si pirang yang menggairahkan" telah minta suaka politik di Norwegia, tempat ia sekarang tinggal, kata Dinas Keamanan Polisi Norwegia, Kamis.Profil Singkat

"Kami sudah diberi informasi oleh dinas imigrasi bahwa ia telah minta suaka politik di Norwegia," juru bicara Siv Alsen mengatakan pada AFP, merujuk ke perawat Galyna Kolotnytska.
Ia tidak memberitahukan motivasinya.

Kolotnytska menjadi sorotan ketika WikiLeaks mempublikasikan kawat diplomatik Amerika Serikat yang mengatakan ia sangat penting bagi Gaddafi hingga ia (Gaddafi) tidak dapat melakukan perjalanan tanpanya.

Ia meninggalkan Ukraina menuju Libya sembilan tahun lalu, bekerja sebagai seorang perawat di sebuah rumah sakit sebelum menjadi perawat pemimpin Libya itu kemudian. Kolotnytska dievakuasi dari Libya Februari lalu dan bersembunyi di Ukraina untuk menghindari perhatian media. Ia belum memberikan wawancara.

Pada Maret, kantor berita Interfax melaporkan bahwa Kolotnytska telah pindah dari apartemennya di Kiev untuk melarikan diri dari gangguan media sejak kepulangannya dari Tripoli.

Redaktur: Krisman Purwoko
Sumber: antara/AFP
Reaksi:

0 komentar: