Pedoman Petunjuk untuk Kolesterol

Anda mungkin menyadari bahwa mengelola kolesterol Anda adalah bagian penting untuk mencegah penyakit jantung. Tapi apakah Anda benar-benar tahu bagaimana mengelola kolesterol Anda atau memahami apa artinya angka-angka kolesterol? Jika jawaban Anda adalah tidak, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Intitusi Jantung, Paru dan Darah Nasional serta NCEP (National Cholesterol Education Program) telah mengembangkan pedoman untuk mengelola dan pengujian kolesterol. Berikut adalah beberapa poin yang penting dari panduan ini:
  • Di umur berapa seharusnya Saya memeriksa tingkat kolesterol saya dan seberapa sering? Semua orang dewasa berumur 20 tahun atau lebih harus memeriksakan kolesterol setidaknya sekali setiap lima tahun.
  • Tes-tes apa saja yang harus saya jalani? Petunjuk pedoman merekomendasikan bahwa dokter Anda harus meminta profil lipoprotein yang termasuk total kolesterol, kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik) dan tes triglyceride pada kondisi Anda berpuasa. Tes yang paling baik adalah dimana Anda bisa berpuasa untuk 9 hingga 12 jam sebelum diambil darahnya.
  • Angka-angka yang tertera dalam hasil tes memiliki arti apa? Ketika Anda kembali mengunjungi dokter untuk membahas hasilnya, kami merekomendasikan Anda untuk membawa tabel ini. Tabel ini akan membantu Anda mengerti hasil angka-angka tersebut.
    Tingkat Darah (mg/dl) Klasifikasi
    Total Cholesterol
    < 200 Optimal
    200-239 Ambang batas
    240 > Tinggi
    Kolesterol LDL (Jahat)
    < 100 Optimal
    100-129 Mendekati Optimal/Diatas Optimal
    130-159 Batas hampir tinggi
    160-189 Tinggi
    190 > Sangat tinggi
    Kolesterol HDL (Baik)
    < 40 Rendah
    40-59 Tinggi
    60 > Optimal
    Triglycerides
    < 150 Dapat diterima
    150 - 199 Batas hampir tinggi
  • Apa yang bisa saya lakukan terlebih dahulu untuk membantu jantung saya sebelum saya menjalani tes? Anda dapat menghindari penyakit koroner jantung dengan mengubah gaya hidup Anda. Berikut beberapa pedoman perubahan yang direkomendasikan :
    • Mengurangi konsumsi Anda terhadap makanan lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol
    • Menjadi lebih aktif secara fisik
    • Kendalikan berat badan Anda
    • Meningkatkan kegiatan fisik Anda untuk setidaknya 30 menit per hari
  • Bagaimana saya dapat mengubah diet saya untuk mengurangi kolesterol dan resiko penyakit jantung? Pedoman petunjuk merekomendasikan perubahan-perubahan berikut ini dalam diet Anda untuk membantu merendahkan kadar lemak di darah Anda:
    • Mengurangi lemak jenuh hingga lebih rendah 7% dari total kalori Anda. Asam lemak trans merupakan lemak yang meningkatkan kolesterol jahat sehingga batasi lemak tersebut juga. Total lemak seharusnya hanya 25%-35% dari total kalori Anda
    • Karbohidrat (dari biji-bijian, terutama whole grains, buah-buah, dan sayuran) harus 50% hingga 60% dari total kalori)
    • Makan makanan yang kaya dengan serat.
    • Batasi protein hingga 15% dari total kalori
    • Kurangi kolesterol Anda dengan resep-resep jantung sehat dari bagian Resep kami.
  • Apa yang dikatakan dalam pedoman petunjuk tentang kegiatan fisik? Banyak! Kita perlu mengimbangi masukan energi kita dengan penggunaan energinya untuk memelihara berat badan yang sehat dan menghindari kenaikan berat badan. Meningkatkan aktifitas fisik merupakan kunci dalam meminimalkan resiko terhadap jantung. Targetkan untuk menjadi aktif setiap hari untuk setidaknya 30 menit. Anda tidak perlu mengejar target untuk olah raga yang berat. Anda bisa jalan, naik sepeda atau jogging untuk mengarah ke kehidupan yang sehat. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda dulu sebelum memulai program olah raga apapun.
Sumber JAMA, May 16, 2001-Vol. 285, No. 19 National Heart Lungs and Blood Institute Cholesterol Guideline
Reaksi:

0 komentar: