Tempat - Tempat Obyek Wisata Di Kota Bandung Dan FasilitasnyaTempat - Tempat Obyek Wisata Di Kota Bandung Dan Sarana Pendukungnya

Kota Bandung menurut www.indotraveler.com Kota Bandung adalah kota terfavorit untuk tujuan wisata, berikut daftar tempat - tempat obyek wisata di kota Bandung dan sarana pendukungnya :
1. Arena Rekreasi Trans Studio Bandung di Bandung Super Mal (BSM) 
dibuka untuk umum pada Sabtu (18/6/2011). Trans Studio Bandung, Jalan Gatot Subroto.

Di dalam area Trans Studio terlihat mengadaptasi Universal Studio di Singapore. Desain bangunan dan tata ruangan terasa mirip, hanya saja dalam versi yang lebih kecil dan juga indoor.

Luas area Trans Studio mencapai 4,4 hektar, didalamnya terdapat 3 zona dan 20 wahana permainan yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga.
Ini dia,

Wahana Permainan Trans Studio Bandung. 

a. Superhero 4D.

 Simulator 4D pertama didunia yang menampilkan aksi para superhero; Spiderman, Hulk, Iron Man, Wolverine, dan Fantastic 4. Melawan musuh-musuhnya dalam menyelamatkan Jakarta, India & Amerika. Mengkombinasikan keajaiban multimedia dan special effect.



  b. Special Effect Action. 
Pertama di Indonesia. Pertunjukan tentang rahasia di balik pembuatan film action, Bagaimana special efek ledakan pompa bensin, atraksi tiang jatuh, dan mobil terhempas anda bisa lihat semua disini!




c. Pulau Liliput
 Arena soft play tematik untuk balita. Tempat bermain dan berpetualang yang menyenangkan bagi anak





d. Magic Corner (Trans Movie Magic).
 Sebuah pertunjukan yang menggabungkan atraksi secara Live






e. Yamaha Racing Coaster.  
Bersiap pacu adrenalin dengan launch coaster tercepat di dunia. Dengan kecepatan 120 km per jam dalam 3.5 detik pertama ke ketinggian 50 meter Dengan teknologi LIM (Linier Induction Motor) yang. Wahana ini baru ada 3 di dunia, 2 di antaranya di Amerika Serikat dan 1 lagi hanya ada di sini.


f. Jelajah.  
Petualangan menyusuri sungai lalu masuk ke pedalaman hutan Afrika bertemu binatang buas dan suku pedalaman kemudian jatuh dari air terjun dari ketinggian 13 meter




g. Giant Swing.  
Ayunan pendulum raksasa pertama di Indonesia. Di Wahana ini anda akan ditantang berada di ketinggian 18 meter diputar, diayun secara menegangkan




h. Vertigo.

 Kincir raksasa pertama di dalam ruangan yang berputar 360 derajat di ketinggian.





i. Negeri Raksasa.

 Siap-siap jatuh dari atas puncak menara setinggi 20 meter.






j. Dunia Lain.

Rumah hantu dengan berbagai hantu yang melegenda di Bandung.
Menguak misteri legenda Bandung yang mencekam anda akan dibawa dalam sebuah perjalanan yang mengejutkan mengunjungi Gua Belanda yang seram, ambulans berhantu, serta tempat-tempat berhantu lainnya yang akan menguji nyali anda!


k. Kong Climb.  
Mendaki dinding dan curi permata yang dijaga di puncak tebing. Hati–hati dengan kingkong yang marah!
Wall climbing yang menantang dengan ketinggian lebih dari 15 meter. Buatlah Mr.Kong Marah dengan mencuri permata yang dijaganya di puncak tebing


l. Trans Car Racing
Balap mobil dalam sirkuit sesungguhnya. Dengan sistem keamanan yang sempurna, rasakan manjadi pembalap nomor satu
Track balap sepanjang 1 kilometer dengan kecepatan maksimum 40 km per jam. Pengunjung akan merasakan pengalaman mengendarai mobil yang sesungguhnya


m.Sky Pirates
 Naik kapal perompak & melihat semua zona dari lintasan di ketinggian.






n. Si Bolang Adventure.  
Petualangan berkeliling seluruh propinsi Indonesia bersama si Bolang.





o. Trans Science Center
Science center berkelas dunia. Lengkap dengan atraksi science yang mengasyikkan






p. Dragon Rider
 Serunya berlatih menunggangi naga ala Kesatria. Wahana keren untuk semua keluarga





q. Black Heart's Pirates Ship
Area soft Play tematik terbesar di Asia Tenggara. Memiliki empat tingkat area yang interaktif.





r. Trans City Theater
 Gedung pertunjukan megah dengan standar International. Menampilkan show setara Broadway





s. Amphi Theathre

Menghadirkan pertunjukan kelas dunia dengan parade artis International dan lokal. Serta design theatre spektakuler & special effect mengagumkan





t. Trans Broadcast Museum

 Museum broadcast pertama di Indonesia yang sangat interaktif dan sangat menghibur. Memba






2.Pemandian Air Panas Cibolang (Cibolang Hotspring Water )  
Adalah suatu daerah sumber mata air panas yang terletak di Pangalengan Bandung, daerah ini banyak dikunjungi sebagai salah satu tempat pemandian air panas Bandung dan sekitarnya. Pemandangan menuju lokasi Cibolang sangat indah dan menarik yaitu berupa perkebunan teh dan pegunungan.

Pemandian Air Panas Cibolang sangat kaya akan sumber air panas alami serta kandungan belerang yang dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit kulit dan rheumatik.

Luas Cibolang 2 Ha, terletak pada ketinggian 1.450 m dpl dengan temperatur udara 23 – 25 derajat Celcius. Dan kawasan Cibolang ini terdiri dari hutan tanaman (kaliandra dan pinus). Kawasan cibolang memiliki sumber air yang berasal dari Gunung Windu yang berupa mata air panas yang dapat menyembuhkan penyakit rematik karena memiliki kandungan kadar yodium yang cukup tinggi dan wisata ini dapat dilakukan kegiatan lintas alam, pikinik, mandi air panas dan berenang.

Kegiatan wisata harian yang dapat dilakukan di kawasan Cibolang ini adalah piknik, mandi air panas, berenang, ngagogo, memancing, tracking ke Kawah Burung dan lain-lain. Wahana Wisata Cibolang merupakan salah satu objek wisata di perkebunan teh Malabar Pangalengan. Dengan alamnya yang masih perawan merupakan daya tarik yang utama. Kita akan mendapatkan permadani teh yang hijau sekaligus udara yang bersih dan sejuk, juga dapat menikmati Kawah Gunung Windu dengan jarak ± 600 m dari lokasi.

Obyek wisata Cibolang mulai diberdayakan semenjak tahun 1985. Banyak sekali kemajuan yang telah dicapai untuk mencakupi fasilitas yang dibutuhkan oleh turis domestik maupun asing. Walaupun pada mulanya hanya dibuat bak tertutup, tetapi pada tahun 1987 mulai dibuat kolam renang dewasa dan kolam renang anak lengkap dengan kamar ganti. Karena arus pengunjung semakin meningkat, pada tahun 1990 dibuat kolam tambahan.

Saat ini, Pemandian Air Panas Cibolang atau Cibolang Hotspring Water menjadi salah satu tempat pemandian air panas di Bandung dan sekitarnya, dan merupakan salah satu tempat tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang cukup banyak dikunjungi oleh para turis baik domestik maupun manca negara atau internasional.

Jika anda tertarik, anda pun dapat menyarankan lokasi Pemandian Air Panas Cibolang ini ke dalam Bandung Tour anda, atau bahkan ke dalam salah satu tempat yang dikunjungi ketika anda menggunakan layanan Bandung Car Rental melalui JackTour.Com.

Selamat menikmati liburan anda~

Fasilitas: kolam renang untuk anak dan dewasa, Musholla, Kolam Renang Air Panas, Kolam Pancing, Kolam Ngagogo, Kamar Rendam Air Panas, Shelter, Bale Kambang, MCK, Kamar Ganti, Kios Dagang dan Penyewaan Peralatan Renang dan Pancing serta playground untuk anak

Alamat : Ds.Wayang Windu, Kec.Pangalengan, Kab.Bandung
3. Situ Ciburuy


Situ Ciburuy adalah danau alami yang cukup terkenal di kalangan wisatawan nusantara – bahkan sudah diangkat sebagai tema lagu tradisional Sunda. Keindahan situ ciburuy karna adanya sebuah pulau ditengahnya. Terletak tidak jauh dari Kota Padalarang, di sebelah barat Kota Bandung, danau ini menjadi tempat favorit bagi banyak penggemar rekreasi danau. Anda dapat berperahu di sini sambil menikmati panorama perbukitan sekitar dalam kenyamanan jangkauan jarak dan akses dari Kota Bandung.
Sekilas Sejarah Situ Ciburuy
Situ Ciburuy pada mulanya adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Tahun 1918, lokasi pertemuan kedua sungai itu dibendung. Lalu airnya diatur untuk mengairi sawah-sawah desa. Lama kelamaan, bendungan ini airnya makin tinggi dan menggenangi wilayah seluas 14.76 ha. Tapi tanah tertinggi di tengah-tengah danau tidak tergenang, yang kemudian membentuk sebuah pulau mungil. Mayarakat setempat lantas memberinya nama Situ Ciburuy. Situ artinya danau, sedangkan Ciburuy adalah nama Desa.
Alamat: Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung
Arah: 22 km arah barat  Kota Bandung (sisi jalan raya Bandung-Jakarta via Padalarang)
Fasilitas: perahu, kios makanan & cinderamata, toilet


Lyric Lagu Bubuy Bulan

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe di sasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe oge hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali Ngeplak caina
Duh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe di sasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe oge hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali Ngeplak caina
Duh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe di sasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe oge hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali Ngeplak caina
Duh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe di sasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe oge hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali Ngeplak caina
Duh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana

4. Gunung Tangkuban Perahu





Duduk dengan anggunnya mendominasi panorama Bandung utara, Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat. Berada di ketinggian 2084 m dpl, gunung berbentuk unik ini telah menarik banyak pengunjung selama puluhan tahun yang datang untuk melihat lebih dekat kawahnya, menikmati panorama lembah sekelilingnya, serta lebih akrab dengan cerita rakyatnya yang terkenal, Sangkuriang.
Berdasarkan legendanya, gunung ini terbentuk akibat kemarahan Sangkuriang yang merasa gagal dalam mengabulkan permintaan pembuatan danau dan perahu besar dari Dayang Sumbi (merupakan kisah cinta terlarang antara seorang anak dengan ibu kandungnya sendiri). Maka ditendangnya perahu yang telah dibuat dan jatuh tertelengkup (dalam Basa Sunda nangkub) di lokasinya sekarang – yang menjadi asal mula nama Gunung Tangkuban Perahu. Menurut sejarah geologinya, Gunung Tangkuban Parahu terbentuk dari aktifitas letusan berulang Gunung Api Sunda di jaman prasejarah. Catatan letusan dalam 2 abad terakhir adalah tahun 1829, 1846, 1862, 1887, 1896, 1910, dan 1929.
Dari puncak menara Gedung Sate di Kota Bandung, Anda dapat melihat dengan sangat jelas bentuk fisik Gunung Tangkuban Parahu yang benar-benar menyerupai perahu terbalik.
Arah: 30 km arah utara Kota Bandung, atau 31 km arah selatan Kota Subang
Fasilitas: kios makanan & cinderamata, toilet

5. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Terletak di ketinggian 1700 m dpl, Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki kawasan keseluruhan seluas 215 ha. Ada beragam daya tarik setempat yang dapat Anda lihat dan nikmati, seperti hawanya yang sejuk (18-23° C),panorama alam berupa perbukitan hijau di sekitarnya, kawasan hutan yang sangat luas, berbagai jenis flora seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang, serta berbagai jenis fauna yang dapat ditemukan di sini seperti burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan. Selain itu, Anda juga dapat melihat rusa di penangkaran setempat seluas 4-5 ha, menambah daya tarik tersendiri bagi bumi perkemahan ini.
Alamat: Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung
Arah: 56 km arah selatan Kota Bandung dan 15 km arah selatan Pangalengan  (melalui jalan aspal yang dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda enam; terletak tidak jauh dari gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, sebelum memasuki kawasan Perkebunan Teh Ranca Bali)
Fasilitas: area berkemah, menara pandang, musholla, MCK, dan kios-kios dagang

6. Kampung Gajah

Kampung Gajah mengusung tema wisata, belanja, dan kuliner. Pemandangan dari tempat ini cukup indah dengan udara yang sejuk. Tempat duduk tersedia cukup banyak dan nyaman, namun kombinasi makanan masih belum terlalu banyak. Lebih banyak menjual makanan camilan, seperti somay, batagor, sosis, sedangkan makanan beratnya tersedia steak, iga bakar. Harganya kurang lebih mirip dengan Kampung Daun dan The Peak (agak mahal). Cocok untuk tempat nongkrong bersama teman/keluarga sambil mengobrol2 dan menikmati kesejukan dan keindahan pemandangan.
Alamat: Jalan Sersan Bajuri KM 3,8
7. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah tempat belajar kelalulintasan bagi anak-anak agar mereka dapat berlatih sopan santun berlalu lintas dan bersikap sebagai seorang pengguna jalan yang taat akan peraturan lalu lintas. Anak-anak akan senang belajar kelalulintasan di taman ini karena metode yang digunakan adalah ‘bermain sambil belajar’. Di taman ini tersedia permainan yang dapat membantu anak mempelajari etika dan peraturan lalu lintas. Selain itu, terdapat pula berbagai wahana permainan dan rekreasi yang menyatu dengan alam. Taman ini awalnya bernama Taman Lalu Lintas Bandung dan pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 1958. Pada tahun 1965, nama taman ini ditambah menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Luas taman ini mencapai 3,5 hektar dan dilengkapi dengan berbagai jenis pohon dan taman-taman bunga.
Jl. Belitung No. 1      
Bandung - 40113
Jawa Barat, Indonesia
Telepon / fax    : +62 22 4201667
8. Kebun Binatang Bandung


Dilihat dari segi lokasi, kebun binatang Bandung ini terletak di tempat yang cukup strategis yaitu di tengah Kota Bandung yang berdampingan dengan kampus ITB dan sungai Cikapundung. Menempati luas lahan 13,5 ha yang topografisnya bergelombang dengan 18,25% untuk areal perkandangan, 55,20% untuk pertamanan dan lesehan, 4,7% untuk taman ria dan kolam perahu dan 2,4% untuk pengolahan sampah. Sisanya berbentuk bangunan kantor, museum aquarium dan jalan.

Jumlah jenis satwa yang menjadi koleksi kebun binatang Bandung mencapai sekitar 213 jenis yang terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi berasal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Penambahan koleksi satwa ini terus diupayakan baik yang memiliki nilai konservasi maupun memiliki nilai estetis yang menarik bagi pengunjung khususnya satwa yang berasal dari Indonesia.

Jenis tanaman yang ada berjumlah sekitar 95 jenis, yang terdiri dari 986 tegakan meliputi 226 batang berupa tanaman hias dan 760 batang berupa pohon pelindung. Tanaman yang tumbuh di area kebun selain berfungsi sebagai pelindung bagi satwa dari sengatan sinar matahari dan angin, juga melindungi tanah dari air hujan serta menjadi daerah yang berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung terletak di kawasan Taman Sari tepatnya di Jl. Kebun Binatang No. 6

Jalur Transportasi ke Objek Wisata Ini:

Dapat di capai dengan angkutan umum jurusan Kebon kalapa-dago, cicaheum-dago, cicaheum-ciroyom, panghegar-dipatiukur, cisitu-tegalega, caringin-sadangserang, dago-caringin.

9. Taman Wisata Alam Maribaya


Maribaya merupakan sebuah lembah dengan aliran beberapa anak Sungai Cikapundung yang memiliki kaitan erat dengan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu. Lembah Maribaya secara geologi telah terbentuk sebelum Gunung Tangkuban Perahu. Objek wisata dengan pemandangan indah dan sejuknya udara pegunungan ini memiliki sumber air panas yang mengandung mineral ideal untuk berbagai terapi kesehatan dan kebugaran tubuh. Di kawasan wisata ini juga terdapat air terjun Ciomas setinggi 25 meter yang sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk sekedar melepas lelah dan bersantai di daerah ini.
Bagi para pengunjung yang senang bertualang, tersedia rute perjalanan dari Maribaya dengan menerobos bukit-bukit yang rimbun dengan pohon pinus dan kina, berjalan kaki menuju taman hutan raya Ir. H. Juanda atau ke daerah Arcamanik dengan jarak 5 km.
Berbagai fasilitas pendukung atraksi wisata dapat kita kunjungi di daerah ini seperti taman bermain anak, taman-taman yang indah untuk kegiatan pesta kebun, serta berbagai fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola, areal tempat parkir serta ruang tempat pusat informasi.
Jaraknya dari kota Bandung sekitar 21 km ke arah utara atau 5 km dari Lembang ke arah Timur.
Alamat: Kampung Cikondang Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kab. Bandung
Arah: 21 km ke arah utara atau 5 km dari Lembang ke arah timur Kota Bandung
Fasilitas: taman bermain anak, taman-taman yang indah untuk kegiatan pesta kebun, serta berbagai fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola, areal tempat parkir serta ruang tempat pusat informasi.

10. Sumber Air Panas Ciwalini


Kawasan Ciwalini belimpah dengan sumber mata air panas alami – dengan seumber air panas dari Gunung Patuha. Salah satu tempat yang memanfaatkannya adalah Kolam Renang Ciwalini. Berlokasi di ketinggian 2400 m dpl di kaki Gunung Patuha, objek wisata ini menawarkan hawa yang sejuk serta pemandangan alam yang indah dan eksotik.
Kerimbunan perdu teh yang mengelilingi Ciwalini menjadikan kawasan wisata ini terasa lengkap sebagai wisata alam yang menarik di Bandung Selatan. Perkebunan teh di wilayah ini memiliki ke-khasan berupa perkebunan teh hitam, yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Teh hitam Walini memiliki aroma dan rasa yang khas serta kualitasnya baik.
Arah: 35 km arah selatan Kota Bandung Daerah Ciwidey
Fasilitas: toilet, tempat parkir yang cukup luas, beberapa kolam air panas dengan kedalaman yang berbeda, saung-saung, kios makan, tempat berendam pribadi, dan beberapa fasilitas lainnya sperti motor ATV, flying fox, dan waterboom

11. Taman Judanda / Dago Pakar


Sejarah Taman Hutan Raya yang dulu dikenal dengan nama Dago Pakar ini dimulai pada tahun 1922, ketika batas-batas hutan ini ditetapkan. Pada tahun 1963, hutan lindung ini mulai dipersiapkan sebagai hutan wisata atau kebun raya. Oleh karena itu, kawasan seluas 30 ha di mulai ditanami pepohonan yang berasal dari berbagai daerah, baik di dalam maupun luar Indonesia.
Atas Gagasan Gubernur Propinsi Jawa Barat pada 23 Agustus 1965, hutan ini diresmikan sebagai Kebun Raya / Hutan Rekreasi Ir. H. Djuanda. Pada tahun 1980 pengelolaannya dialihkan dari Perum Perhutani ke Direktorat Jendral Perlindungan dan Pengawetan Alam (sekarang Direktorat Jendral Perlindungan dan Pelestarian Alam / PHPA).
Anda dapat melihat berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di hutan ini. Terdapat lebih kurang 2.500 pohon yang termasuk dalam 40 familia dari 108 spesies, antara lain Cemara Sumatra, Kayu Jati, Bayur Sulawesi, Jati Jawa, Mahoni Uganda, Mahoni Daun Besar, Pohon Sosis, Pinus atau Tusam, Tusan Mexico, dan Kaliandra. Sedangkan faunanya terdiri dari berbagai jenis burung dan mamalia, di antaranya Ketilang atau Cangkurileung, Jalak, Tekukur, Elang, Perkutut, Puyuh Batu, Musang, dan Bajing atau Tupai.

12. Gua Jepang Bandung




Gua Jepang terletak di kota Bandung utara berada di kawasan  Taman Hutan Raya (TAHURA) Ir. H. Juanda dengan koordinat  6°51,379'S 107°37,943'E, gua Jepang dibangun pada tahun 1942 mempunyai panjang lorong keseluruhan sekitar 350 meter, pembangunan gua Jepang dilakukan oleh orang-orang pribumi melalui kerja paksa atau dikenal dengan ”Romusha”, gua Jepang dibangun bertujuan sebagai benteng pertahanan tentara jepang atau disebut juga tentara Dai Nippon.




13. Gua Belanda Bandung


Gua peninggalan belanda dibangun pada awal tahun 1941, berlokasi di Kota Bandung dengan koordinat  6°51,272'S 107°38,252'E, dahulu dipergunakan untuk PLTA bengkok, karena perbukitan pakar merupakan kawasan yang sangat menarik bagi strategi militer Hindia Belanda, lokasinya yang terlindung dan begitu dekat pusat kota Bandung, maka menjelang perang dunia ke II pada awal tahun  1941 militer Hindia Belanda membangun stasiun radio komunikasi dan pada masa kemerdekaan gua ini dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan mesiu, bangunan ini merupakan jaringan gua didalam perbukitan batu pasir tufaan, saat ini gua dapat dimasukin dengan aman.




Keterangan :
Lorong utama tembus air PLTA,  Panjang = 144 m Lebar = 180 m Tinggi = 3 m
Lorong Ventilkasi, Panjang = 126 m Lebar = 2 m Tinggi = 3 m
Lorong sel tahanan, Panjang = 19 m Lebar = 2,5 m Tinggi = 3 m
Lokasi: di dalam Taman Hutan Ir. Djuanda Bandung

14. Situ Patenggang 


Terletak di ketinggian 1600 m dpl di kaki Gunung Patuha, Situ Patenggang adalah danau alami dengan panorama alam memukau serta dapat digunakan untuk rekreasi. Anda dapat berperahu sambil menikmati hamparan danau seluas 150 ha dengan sebuah pulau di tengahnya serta latar belakang perbukitan. Tambahkan hawa sejuk setempat (17-23° C) – membuat pengalaman Anda semakin menyegarkan.
Keunikan lain Situ Patengang yang dibuka sebagai taman wisata sejak 1981 ini adalah legenda klasik dari kerajaan masa lampau. Adalah seorang pangeran keponakan Prabu Siliwangi, Ki Santang, dan seorang putri gunung cantik jelita, Dewi Rengganis, yang saling jatuh cinta. Namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keduanya karena dipisahkan oleh keadaan. Konon, air mata yang mengalir dari keduanyalah yang membentuk danau ini, sehingga dinamai ‘patenggang’ yang diambil dari kata pateangan-teangan (Bahasa Sunda untuk saling mencari). Pada akhirnya, mereka dapat berkumpul kembali di sebuah batu setempat yang diberi nama Batu Cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pasangannya ke batu ini, maka cinta mereka akan abadi.
Yang tidak kalah menarik adalah kondisi jalan menuju Situ Patenggang yang menawarkan hamparan hutan dan perkebunan teh yang hijau, serta kebun-kebun sayuran dan strawberry khas setempat yang dapat Anda petik sendiri.
Alamat: Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung

15. Sumber Air Panas Cimanggu


Kawasan di sekitar sumber air panas Cimanggu sangat kaya akan sumber air panas alami serta kandungan belerang yang dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit kulit dan rheumatik.
Kolam pemandian air panas Cimanggu berada di ketinggian kurang lebih 1100 m dpl dan dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang luas. Di dalam kawasan objek wisata ini, Anda dapat berjalan santai sambil menikmati kesejukan udara dan keindahan alam sekitar berupa dataran landai serta kawasan yang sedikit bergelombang.
Pesona alam yang indah serta suasana lingkungan yang  menyenangkan, didukung dengan areal pemandian air panas Cimanggu yang cukup bersih dan nyaman, bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif pilihan berwisata di bagian selatan Kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey-Pangalengan.

Arah:
Fasilitas: kolam renang untuk anak dan dewasa, kamar-kamar tempat berendam, serta playground untuk anak
16. Pemandian Air Panas Ciateur (Sari Ateur)



Kolam pemandian air panas yang sudah terkenal ke seluruh pelosok penjuru Jawa Barat yang sering dijadikan tempat bersantai bersama keluarga ini sangat layak untuk anda kunjungi sebagai salah satu tempat paling favorit di Kabupaten Subang dengan koordinat 6°44,271'S 107°39,162'E.  Mata air panas kolam pemandian Ciater berasal dari kawah aktif gunung tangkuban perahu yang letaknya tidak terlalu jauh dari obyek wisata ini.

Selain dialirkan ke pamandian, air dari mata air tersebut mengalir melalui sungai sepanjang 2000m yang kemudian menjadi dingin dan digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Konon menurut petani setempat air ini dapat mempengaruhi mutu panen dari pada menggunakan air biasa. 

Selain suasana yang nyaman di kolam pemandian Ciater,  air di tempat ini mempunyai manfaat terapi kesehatan dengan kandungan belerang ideal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan, rematik, gangguan syaraf, tulang dan berbagai penyakit kulit bila dilakukan secara teratur.

Fasilitas wisata pendukung kegiatan wisata di daerah ini sangat lengkap, dimulai dari pusat informasi, hotel, restauran, taman bermain anak, mushola, tempat parkir dan kolam renang tersedia di tempat ini. Objek wisata alam dengan suguhan udara pegunungan yang dingin serta pemandangan perkebunan teh yang luas, semakin menambah nilai pengalaman yang dalam ketika wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Dari Terminal Ledeng gunakan kendaraan jurusan Ledeng Lembang, lanjutkan perjalanan mengunakan kendaraan Lembang Subang, berhenti  di Jalan Cagak Kampung Ciater, sekitar 30 menit perjalanan dari terminal Lembang.

17. Pesona Wisata Pengalengan


Berwisata yang mempunyai keindahan alam serta berhawa sejuk? Pangalengan adalah tempatnya.

Kota kecil di sekitar 45 km dari Bandung ke arah selatan ini terkenal sebagai penghasil aneka sayuran hijau yang dikirim ke beberapa kota di Indonesia. Pangalengan terkenal sebagai daerah pertanian, peternakan, serta perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN dan daerah penghasil susu sapi.

Di wilayah ini banyak sekali industri yang mengolah susu sapi menjadi produk-produk makanan, seperti permen susu (caramel), kerupuk susu, dodol susu, tahu susu, dan noga susu.

Perjalanan ke Pangelengan akan menjadi pengalaman sungguh menyenangkan karena banyak pesona wisata, di antaranya wisata perkebunan, danau, hutan serta petualangan rafting. Semuanya cocok untuk melepaskan ketegangan dan menyegarkan kembali pikiran Anda.

Pangalengan menjadi salah satu lokasi ekowisata yang sedang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk menjadi daerah tujuan wisata andalan melalui program sadar wisata.

Di tempat ini, terdapat banyak tempat wisata yang menarik, seperti panorama kebun teh, hutan pinus, dan kebun sayur yang menjadi pemandangan khas di ketinggian 1.000-1.400 meter di atas permukaan laut.

Pangalengan memiliki sejuta pesona alam yang indah. Di sini, Anda dapat menemukan banyak tempat wisata seperti Situ Cileunca, Malabar, Pemandian air panas Cibolang, perkebunan teh, dan banyak lagi tempat wisata lainnya.

Menjelajahi alam di Pangalengan bisa Anda lakukan dalam satu kawasan yang sangat berdekatan, saling terpadu, dan berhubungan antara wisata petualangan alam dengan atraksi menarik, seperti outbound, paintball, flying fox, dan kegiatan lainnya

18. Identitas Kota Bandung (Landmark Kota Bandung)
Tiap kota punya identitas kota (landmark) sendiri yang berbeda-beda, baik yang berskala regional, nasional, maupun internasional.
Kota Bandung mempunyai minimal dua identitas kota yang bertaraf internasional, yaitu Gedung Sate dan Kawasan Braga.
Dr.H.P. Berlage (1923), seorang arsitek kenamaan Belanda, menilai Gedung Sate merupakan een groots werk (sebuah karya besar).
Kawasan Braga sudah dikenal para wisatawan asing sejak masa Hindia Belanda dan merupakan salah satu unsur yang menjadikan Kota Bandung mendapat julukan Parijs van Java. Daerah Braga sempat mendapat julukan De meest Eropeesche winkelstraat van Indie (Kompleks pertokoan Eropa paling terkemuka di Hindia Belanda).

Gedung Sate
Gedung Sate dibangun pada tahun 1920 – 1924 di Wihelmina Boulevard (yang sekarang jadi Jalan Diponegoro); Nona Johana Caaatherine Coops yang menjadi peletkan batu pertama, putri sulung dari Walikota Bandung B. Coops. dan Nona Petronella Roelofsen yang mewakili Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia.
Gedung Sate Gaya arsitekturnya karya monumental dari arsitek Ir. Gerber yang merupakan perpaduan langgam arsitektur tradisional Indonesia dan teknik konstruksi Barat, sehingga disebut Indo Eropeesche ArchitectuurStijln. Arsitektur Gedung Sate merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Italia dan Moor dari zaman Renaissance dengan gaya arsitektur Hindu dan Islam. Ornamen berciri tradisional seperti pada candi Hindu terdapat dibagian bawah dinding gedung, sedangkan pada bagian tengahnya ditempatkan menara beratap tumpak seperti meru di Bali, sesuatu yang lazim pada gaya arsitektur Islam.
Ornamen enam tiang dengan bulatan berbetuk mirip tusuk sate ditempatkan pada puncak atap tumpak, sebagai lambang biaya pembangunan Gedung Sate sebesar 6.000.000 Gulden.
Nama Gedung Sate sebelumnya adalah Gouvernements Bedrijven (GB),  berdasarkan bentuk ornament pada puncak atap tumpak Gedung ini kemudian disebut Gedung Sate dan sekarang dijadikan Kantor Gubernur Jawa Barat.
Pemberian teritis (overstek) yang lebar dan selasar  pada lantai dasar sangat disesuaikan dengan iklim tropis, agar sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam bangunan dengan baik.
vocal point bangunan ini adalah Atap meru (atap tumpak) yang terletak di bangunan utama. Rancangan atap itu merupakan upaya memasukan unsur local pada  desain bangunan. Wajah bangunan lebih didominasi dengan rincian (detail) arsitektur Barat seperti lengkung pada jendela dan tiang kecil yang memakai order klasik.

Kawasan Braga
Pada awal tahun 1800 terhubungkan dengan jalan-jalan setapak ke jalan Braga dari Alun-alun, Merdika Lio, Balubur, Coblong, Dago, Bumiwangi, dan Maribaya,  jalur lalu-lalang itu berhubungan dengan jalan tradisonal pada masa Kerajaan Pajajaran, yang melintasi Sumedanglarang dan Wanayasa. Angkutan penumpang dan hasil bumi, khususnya kopi dari Gudang Kopi (Balaikota sekarang), banyak memanfaatkan jalur tersebut.
Pedati merupakan Alat angkut umum yang dipergunakan pada saat itu, sehingga jalan itu disebut Karrenweg lebih dikenal kemudian dengan nama Pedatiweg (yang sekarang Jalan Braga).
Beberapa warung berdinding bamboo dengan atap rumbia dan rumah-rumah yang agak besar telah ada di sepanjang Pedatiweg tahun 1874. Kemudian, menyusul sebuah toko kecil, yang diikuti enam toko lainnya pada tahun 1894.
Nama Braga sendiri Asal-usul masih tidak jelas hingga sekarang. Perubahan nama pedatiweg menjadi Bragaweg mungkin akibat ketenaran Toneelvereniging Braga, yang didirikan di Pedatiweg pada tanggal 18 Juni 1882 oleh Asisten Residen Priangan, Pieter Sijthoff. Kemungkinan lain nama Braga berasal dari kata Bahasa Sunda ‘ngabaraga’ yang menurut seorang sastrawan Sunda, M.A. Salmun, berarti “berjalan di sepanjang sungai”. Letak Pedatiweg memang berdampingan dengan sungai Cikapundung.


19. Wisata Kuliner Kota Bandung
 SURABI
Surabi atau serabi adalah makanan khas orang Sunda yang bentuknya seperti pancake namun lebih kecil dan tebal, terbuat dari tepung beras.Surabi dibakar dengan menggunakan alat tradisional yaitu tungku dan cetakan khusus dari tanah liat.Surabi ini memiliki banyak rasa, dengan rasa yang dianggap paling original khas Sunda yaitu surabi oncom. Sementara itu, di sekitar kampus Enhaii di Jalan Setiabudhi, Bandung terdapat sederetan warung yang menjajakan surabi. Warung ini menawarkan surabi dengan berbagai rasa atau istilah dalam kamus kuliner modern ‘topping’.


PEUYEUM
Peuyeum atau tape singkong adalah makanan khas Kota Bandung yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. Peuyeum ini dibuat dari singkong yang difermentasikan. Orang sering mengatakan peuyeum sama dengan tape singkong, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yaitu peuyeum lebih kering daripada tape. Hal ini dikarenakan perbedaan dalam proses pembuatan dan penyimpanannya. Peuyeum dengan kualitas bagus yaitu peuyeum yang baunya dan rasanya enak, manis dan asam. Peuyeum dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Bandung seperti di sekitar Terminal Leuwi Panjang, di Pasar Baru, dan di pasar-pasar tradisional.

BATAGOR
Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng yaitu tahu yang diisi dengan campuran aci (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri. Teman makan batagor adalah siomay yang juga terbuat dari campuran aci (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri,
namun dibungkus dengan kulit pangsit. Keduanya dimakan dengan cara dicocol dengan saus kacang dan kecap. Makanan ini hampir dapat dijumpai di beberapa tempat yang menjual makanan khas Bandung. Batagor Kingsley dan batagor Riri adalah tempat yang wajib dikunjungi jika ingin mencicipi batagor khas Bandung


COLENAK
Orang Bandung memang pandai menciptakan makanan yang unik dengan nama yang unik pula. Seperti halnya dengan makanan yang terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar di atas arang yang kemudian ditaburi dengan saus gula merah dan kelapa parut yang diberi nama colenak, singkatan dari ‘dicocol enak’..





SIOMAY
Makanan khas Bandung ini terbuat dari tepung aci dan ikan, diberi bumbu kemudian dikukus, dan disajikan atau dimakan dengan telur rebus, kol, tahu, kentang dan dicampur dengan saus kacang, yang sudah dibumbui, hampir sama dengan bumbu saos kacang batagor. Siomay ini terdapat di beberapa rumah makan, warung yang ada di kota Bandung




20. Museum
1. Museum Konferensi Asia Afrika
Jl. Asia Afrika 65 Bandung
Telp. (+62.22) 423 8031
Fax. (+62.22) 423 3564
2. Museum Barli
Jl. Prof. Sutami No. 91 Bandung 40152
Telp. 022-2011898
3. Museum Geologi
Jl. Diponegoro 57 Bandung 40122
Telp. (+62.22) 720 3205-08
Fax. (+62.22) 720 2669
Email. grdc@melsa.net.id
4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Jl. Lembong No. 38 Bandung 40122
Telp. (+62.22) 420 2293
Email. (+62.22) 420 3393
5. Indonesia POST Museum
Jl. Cilaki Bandung 40115 Bandung
Telp. (+62.22) 4206195
6. Museum Sri Baduga
Jl. B.K.R. No. 185 Bandung 40243
Telp. (+62.22) 521 0976
Email. (+62.22) 522 3214
7. Museum Zoologi
Jl. Kebun Binatang No. 6 Bandung-40132
Telp. (+62.22) 250 2770

21. Tugu / Monumen Patung
1. Monumen Perjuangan Jawa Barat
Jl. Dipatiukur
2. Monumen Bandung Lautan Api
Jl. Otto Iskandardinata
3. Taman Makam Pahlawan Cikutra
Jl. Cikutra
4. Monumen Penjara Banceuy
Jl. Cikapundung
5. Monumen Kereta Api
Jl. Stasiun Timur
Rekreasi : Patung
1. Patung Persib
Jl. Lembong
2. Patung Laswi
Jl. Viaduct
3. Patung Pastor
Jl. Seram
4. Patung Tentara Pelajar
Jl. Viaduct
5. Patung Badak
Balaikota
6. Patung Ikan Mas
Jl. Moh. Ramdan
7. Patung Maung
Jl. Wastukencana
8. Patung Husein
Jl. Dr. Abdurrahman Saleh
9. Patung Dewi Sartika
Balai Kota
10. Patung Juanda
Taman Hutan Raya Juanda
11. Patung Sepatu Cibaduyut
Jl. Cibaduyut

22. Data Penginapan dan Hotel Murah Bandung

1. Hotel Utari di Jl. ir. H. Juanda No. 50 telp 022-4206810
2. Cherry Home Residence murah dan bersih, no telp.nya 022-202 1628, di daerah pasteur....
3. Caryota hotel di daerah sukajadi, tepatnya seberang MOOIII outlet dan sederetan Tomodachi...tempatnya enak, bersih, lumayan minimalis cozy ratenya 175 rb up to 300 rb
4. Bapelkes, Jl.Pasteur, tepat di depan RSHS. Tarifnya kalau nggak salah Rp 75rb/malam/kamar. Kamarnya macam-macam, ada yang sekamar 2 ranjang single sampai 6 ranjang tapi tarifnya sama aja, ada kamar mandi di dalam. Kalau nggak dipakai pelatihan, biasanya selalu ada kamar kosong pas weekend. Setau saya, nggak bisa pesan via telp, jadi harus datang langsung.
5. Permata bidakara, lumayan bersih n murah, kamarnya pun besar (booking via travel agent)

6. Wisma Telkom (Jl. Geger Kalong, 100m dr Enhai)
Disitu cuma 150 rb/malam/kamar (1 kamar ada 3 single bed & K.mandi) tempatnya bersih, walaupun ga ada ac, air panas & tv. krn kl aku k bandung, hotel itu cm
buat tidur aja (kan bnyk jalan2 keluarnya...) Udah gitu strategis bgt, ke Jl.
setiabudi cm 5 mnt, ke rmh strawberry /Fame jg deket. Wisma Telkom itu tmpt pelatihan murid2 STT telkom, tp jarang dipake. Kalo lg ga ada training, memang disewakan buat tamu hotel. Telp aja dulu ke 022-2014508 ext. 2715 / 0813-20450465 (Bp. Nurjana)
7. Marala - Pelajar Pejuang 45/114-116
Telp: (022) 7307946
Weekday Std Rp 225,000, Deluxe Rp 300,000
Weekend Std Rp 250,000, Deluxe Rp 300,000
8. Narpati - Pelajar Pejuang 33-35
Telp: (022) 7303376
Weekday Std Rp 165,000, Sup Rp 210,000
Weekend Std Rp 170,000, Sup Rp 225,000
9. Nyland - Cijagra 76-78 –
Telp. (022) 7317388
Std Rp 186,000
10.Rinjani - Pelajar Pejuang 45-92A –
Telp: (022) 7305339
Non AC Rp 100,000, AC Rp 130,000
11. Sepuluh - Pelajar Pejuang 45/89 Telp: (022) 7303097
12. Buah Batu 81B Telp: (022) 7306153
AC Rp 165,000, Family Rp 185,000
13. Lingga - Soekarno Hatta 464 Telp: (022) 7562981
Rp 225,000 (2org) / Rp295,000 (3org) / Rp330,000 (4org)
14. Hotel Karmila No. tlp 022-4206175
15. Bukit Dago Hotel - 022 2504244
Weekend std = Rp121.000 net (u/ b2)
Weekend Superior A = Rp219.000 (u/b4)
Weekend Superior B = Rp165.000
16. Hotel tel samudra di cihampelas 155rb/malem. .kamarnya bersih & kamar mandinya jg bersih (sayang ga ada air panas) pelayanan & fasilitasnya jg oke untuk hotel melati.
17. Puri Tomat di Dago (seberangnya hotel jayakarta) jg oke.
Jl. Ir. H. Juanda 420, Bandung Telp. (022) 2501746
Harga variatif, ada yg 145rb jg. kamar & kamar mandinya bersih. Dapet welcome drink juice tomat dan breakfast.
Di puri tomat juga ada kamar yang harganya 70rb-an tapi not recommended lah! Jauh bgt kualitasnya sama yg harganya 100an.
18. Wisma Gandapura Jl. Laks L RE Martadinata 120 (jl Riau) Telp. 022-7231200
Tempatnya di seberang taman pramuka , kamarnya bersih dan murah. Dari ini mau ke primarasa, bawean, ke outlet sepanjang riau
19. Hotel Mutiara
Kamar
Akomodasi unit dilengkapi dengan kamar mandi pribadi dengan air panas dan dingin, TV dengan saluran lokal dan satelit, lemari es dan kopi-dan fasilitas pembuat teh. Ia memiliki semua kebutuhan dasar untuk menjamin tetap menyenangkan dan nyaman.
Restoran
Menawan Mutiara's Tiara Cafe tersedia untuk menjawab panggilan 24 / 7. Nikmati beragam Continental, Eropa dan masakan Indonesia.
Rate Rp. 289.489,-
Jl. Kebon Kawung No. 60-62 Bandung 40171
Telp. +62 22 4200333
Email. info@mutiarahotel.com
 20. Hotel Trio
Trio Hotel terletak di Bandung menjadikannya salah satu hotel terbaik untuk tinggal sementara di kota. Dengan kenyamanan para tamu, masing-masing dari 100 kamar di hotel ini dirancang dengan baik dan lengkap untuk memenuhi tuntutan wisatawan perusahaan dan liburan mencari akomodasi yang unik di Bandung. Dalam kamar fasilitas termasuk penyejuk udara, meja, televisi, shower, balkon / teras, satelit / fasilitas TV.The kabel dan layanan yang ditawarkan di akomodasi Bandung termasuk layanan kamar 24 jam, bar / pub, layanan laundry / dry cleaning, fasilitas rapat, restoran. Hotel ini menawarkan kolam renang, taman untuk memberikan kenikmatan ekstra dan relaksasi untuk semua tamu. Hotel ini menciptakan keseimbangan budaya yang kaya dan kenyamanan modern untuk memastikan Anda tinggal yang tak terlupakan.
Rate Rp. 303,403,-
Jl. Gardujati No. 55-61 Bandung 40181
Telp. +62 22 4203779
Check in dari 14:00, Check out sebelum 11:00
21. Hotel The Cipaku Garden
Cipaku Garden Hotel terletak di Bandung membuatnya menjadi salah satu hotel terbaik untuk tinggal di sementara di kota. Semua kamar 87 di hotel memiliki semua fasilitas modern tamu 'harapkan dari hotel kelas ini. Setiap kamar memiliki televisi, shower, satelit / TV kabel, air kemasan gratis. Para tamu dapat pengalaman standar tinggi kenyamanan saat menginap di hotel mewah ini Bandung dengan segala yang mereka butuhkan kanan pada situs seperti 24 jam layanan kamar, kedai kopi, layanan laundry / dry cleaning, fasilitas rapat, restoran, layanan kamar, kotak penyimpanan aman, concierge. Tamu hotel bisa pengalaman di tempat rekreasi terbaru dan fasilitas olahraga seperti kolam renang indoor, kolam renang (anak), kolam renang, taman. Hotel ini menyediakan layanan hangat dan ramah standar internasional. Untuk melanjutkan pesanan Anda di Garden Hotel Cipaku, cukup pilih tanggal perjalanan Anda dan mengisi formulir pesanan aman online kami.
Rate Rp. 267,054,-
Jl.Cipaku II/2 Bandung 40143
Telp. +62 22 2010221
Email. reservation@cipakugardenhotel.com
Check in dari 14:00, Check out sebelum 11:00

23. Daftar Bioskop 21 Di Kota Bandung
BRAGABRAGA CITY WALK LT. 2, JL. BRAGA 99-101(022) 844 60121
BSM XXIBANDUNG SUPERMALL LT. 3, JL. JEND. GATOT SUBROTO(022) 910 91121
BTC XXIBandung Trade Center Lt. P-2/3, Jl Dr. Djundjunan no. 143-149(022) 612 6521
CIWALK XXICIWALK LT. 2, JL. CIHAMPELAS 160(022) 2061017
EMPIREBANDUNG INDAH PLAZA LT. 3, JL. MERDEKA 56(022) 424 0719
GALAXYJL. KEPATIHAN(022) 420 8143
JATOSJL. RAYA JATINANGOR NO. 150(022) 8792 0089
PREMIERE CIWALKCIWALK LT. 2, JL. CIHAMPELAS 160(022) 2061121
REGENTJL. SUMATRA 2(022) 423 6370
24. Trayek Angkutan Umum Di Kota Bandung
ABD. MUIS - CICAHEUM via BINONG
RUTE: PUNGKUR - TELAGA BODAS - PALASARI TURANGGA - GATOT SUBROTO - KIARA CONDONG - SUPRATMAN - KATAMSO - CIKUTRA - HASAN MUSTAPA

CICAHEUM - ABD. MUIS
RUTE: HASAN MUSTAPA - JAKARTA - KIARA CONDONG - TURANGGA - PALASARI - BUAH BATU - M. RAMDAN - MOH. TOHA

ABD. MUIS - CICAHEUM via ACEH
RUTE: KARAPITAN - SUNDA - ACEH - KATAMSO - PAHLAWAN - HASAN MUSTOPA

CICAHEUM - ABD. MUIS via ACEH
RUTE: HASAN MUSTOPA - KATAMSO - ACEH - SULAWESI - TAMBLONG - LENGKONG BESAR - CIATEUL

ABD. MUIS - DAGO
RUTE: PUNGKUR - KARAPITAN - SUNDA - BANDA - RE. MARTADINATA - Ir. H. JUANDA

DAGO - ABD. MUIS
RUTE: Ir. H. JUANDA - ACEH - SUMATRA - TAMBLONG - LENGKONG - CIATEUL

ABD. MUIS - LEDENG
RUTE , PUNGKUR - KARAPITAN - SUNDA - BANDA - RE. MARTADINATA - WASTUKENCANA - CIPAGANTI - SETIA BUDI

LEDENG - ABD. MUIS
RUTE: SETIA BUDI - CIHAMPELAS - WASTUKENCANA - ACEH - SUMATRA - LENGKONG - CIATEUL

ELANG - ABD. MUIS
RUTE: SURYANI - PAGARSIH - OTISTA - CIATEUL

ABD. MUIS - ELANG
RUTE: OTISTA - ASTANA ANYAR - PAGARSIH - SURYANI - HOLIS - BOJONG - CIJERAH

CICAHEUM - LEDENG
RUTE: HASAN MUSTOPA - KATAMSO - SUPRATMAN - DIPONEGORO - SULANJANA - TAMAN SARI - SILIWANGI - SETIA BUDI

LEDENG - CICAHEUM
RUTE: SETIA BUDI - SILIWANGI - TAMAN SARI - SULANJANA - DIPONEGORO - SUPRATMAN - KATAMSO - HASAN MUSTOPA

CICAHEUM - CIROYOM
RUTE: HASAN MUSTOPA - SURAPATI - DIPATI UKUR - SILIWANGI - CIHAMPELAS - EYJKMAN - PASIR KALIKI - PADJAJARAN - ARUNA

CIROYOM - CICAHEUM
RUTE: ARUNA - PADJAJARAN - PASIR KALIKI - CIPAGANTI - SILIWANGI - DIPATI UKUR - SURAPATI - HASAN MUSTOPA

CICAHEUM - CIWASTRA
ROUTE: HASAN MUSTOPA - SURAPATI - SUPRATMAN - JAKARTA - KIARA CONDONG - MARGA CINTA

CIWASTRA - CICAHEUM
RUTE: MARGA CINTA - BUAH BATU - KIARA CONDONG - JAKARTA - SUPRATMAN - SURAPATI - HASAN MUSTOPA

CICAHEUM - CIBADUYUT
RUTE: HASAN MUSTOPA - KATAMSO - SUPRATMAN - JAKARTA - KIARA CONDONG - SUKARNO HATTA - CIBADUYUT

CIBADUYUT - CICAHEUM
RUTE: SUKARNO HATTA - KIARA CONDONG - JAKARTA - SUPRATMAN - KATAMSO - HASAN MUSTOPA

ST. HALL - DAGO
RUTE: PERINTIS KEMERDEKAAN - SERAM - RE. MARTADINATA - Ir. H. JUANDA

DAGO - ST. HALL
RUTE: Ir. H. JUANDA - MERDEKA (BIP) - SUNIARAJA - STASION

ST. HALL - SD. SERANG
ROUTE: LEMBONG - LOMBOK - SUPRATMAN - KATAMSO - CIKUTRA

SD. SERANG - ST. HALL
RUTE: CIKUTRA - KATAMSO - SUPRATMAN - MERDEKA - SUNIARAJA

ST. HALL - CIUMBULEUIT via EYCKMAN
RUTE: KEBUN JUKUT - CICENDO -CIPAGANTI - CIUMBULEUIT

CIUMBULEUIT - ST. HALL
RUTE: CIUMBULEUIT - CIHAMPELAS - EYCKMAN - SUKAJADI - PASIR KALIKI

ST. HALL - CIUMBULEUIT via CIHAMPELAS
RUTE: KEBUN JUKUT - CICENDO -CIPAGANTI - CIUMBULEUIT

CIUMBULEUIT - ST. HALL
ROUTE: CIUMBULEUIT - CIHAMPELAS - CICENDO - KEBUN KAWUNG

ST. HALL - GEDE BAGE
RUTE: OTISTA - ABC - NARIPAN - A. YANI - PALASARI - TALAGA BODAS - BUAH BATU - SUKARNO HATTA

GEDE BAGE - ST. HALL
RUTE: SUKARNO HATTA - BUAH BATU - TALAGA BODAS - PALASARI - A. YANI - SUMBAWA - ACEH - MERDEKA - SUNIARAJA

ST. HALL - SARIJADI
RUTE: KEBUN KAWUNG - JUNJUNAN - SURYASUMANTRI - TERS. SUTAMI

SARIJADI - ST .HALL
RUTE: TERS. SUTAMI - SURYASUMANTRI - JUNJUNAN - KEBUN KAWUNG

ST. HALL - GUNUNG BATU
RUTE: GN. BATU - JUNJUNAN - PASTEUR - CICENDO - KEBUN KAWUNG

GUNUNG BATU - ST. HALL
RUTE: KEBUN KAWUNG - CICENDO - PASTEUR - JUNJUNAN - GN. BATU

LEDENG - MARGAHAYU
RUTE: SUKAJADI - EYJKMAN - CIHAMPELAS - WASTUKENCANA - RE. MARTADINATA - JAKARTA - KIARA CONDONG - MARGAHAYU

MARGAHAYU - LEDENG
RUTE: KIARA CONDONG - JAKARTA - RE. MARTADINATA - WASTUKENCANA - CIPAGANTI - SETIA BUDI

DAGO - RIUNG BANDUNG
RUTE: DIPATI UKUR - DIPONEGORO - SUKABUMI - KIARA CONDONG - SUKARNO HATTA

RIUNG BANDUNG - DAGO
RUTE: SUKARNO HATTA - KIARA CONDONG - SUKABUMI - PATRAKOMALA - BANDA - DIPATI UKUR

DAGO - PASAR CARINGIN
RUTE: CIGADUNG - CIKUTRA - SURAPATI - CIKAPAYANG - PADJAJARAN - CIROYOM - PSR. KOJA - SUKARNO HATTA

PASAR CARINGIN - DAGO
RUTE: SUKARNO HATTA - PSR. KOJA - CIROYOM - KEBUN JATI - PADJAJARAN - WASTUKENCANA - TAMAN SARI - SURAPATI - CIGADUNG

PANHEGAR - DIPATI UKUR
RUTE: CISARANTEN - A. YANI - RE. MARTADINATA - TAMANSARI - GANESHA - UNPAD

DIPATI UKUR - PANHEGAR
RUTE: UNPAD - TAMAN SARI - RE. MARTADINATA - ACEH - SUMATRA - NARIPAN - A. YANI - CISARANTEN

CIROYOM - SARIJADI
RUTE: ARUNA - PASIR KALIKI - SUKAJADI - SUTAMI - CIPEDES - GEGERKALONG

SARIJADI - CIROYOM
RUTE: GEGERKALONG - SUTAMI - SUKAJADI -SEDRHANA - ABD. SALEH

CIROYOM? - BUMI ASRI
ROUTE: HOLIS - BOJONG - CIJERAH - GEMPOLSARI- DIRGANTARA

BUMI ASRI - CIROYOM
RUTE: DIRGANTARA - GEMPOL SARI - CIJERAH - BOJONG - HOLIS - SUDIRMAN - RAJAWALI - KEBUN JATI - PASIR KALIKI - ABD. SALEH

CIROYOM - CIKUDAPATEUH
RUTE: RAJAWALI - KEBUN JATI - ASTANA ANYAR - BKR - M. RAMDAN - PALASARI - LASWI - A. YANI

CIKUDAPATEUH - CIROYOM
RUTE: A. YANI - PALASARI - M. RAMDAN - BKR - KOPO - ASTANA ANYAR - SUDIRMAN - ELANG - RAJAWALI

SEDERHANA - BUAH BATU
RUTE: JURANG - PASTEUR - CIHAMPELAS - CICENDO - LEMBONG - LENGKONG - CIKAWAO

BUAH BATU - SEDERHANA
RUTE: KARAPITAN - LENGKONG - ABD. MUIS - DEWI SARTIKA - CICENDO - DR. OTTEN - SUKAJADI

SEDERHANA - CIJERAH
RUTE: SUKAJADI - ABD. SALEH - GARUDA - SUDIRMAN - CIJERAH

CIJERAH - SEDERHANA
ROUTE: CIJERAH - ELANG ABD. SALEH - SUKAJADI -SEDERHANA

SEDERHANA - CIMINDI
RUTE: SUKAJADI - SUKAGALIH - JUNJUNAN - MUSTANG - GN. BATU

CIMINDI - SEDERHANA
RUTE: GN. BATU - MUSTANG - JUNJUNAN - SUKAGALIH - SUKAJADI

TEGAL LEGA - CISITU
RUTE: ASTANA ANYAR - GARDU JATI - KEBUN JATI - CICENDO -WASTUKENCANA - TAMAN SARI - CISITU

CISITU - TEGAL LEGA
RUTE: CISITU - SILIWANGI - CIHAMPELAS - CICENDO - PSR. BARU - KALIPAHAPO - OTISTA

CIWASTRA - CIJERAH
RUTE: MARGA CINTA - KIARA CONDONG - BUAH BATU - BKR - LEUWI PANJANG - KOPO - CIBOLERANG - CIGONDEWAH - CIJERAH

CIJERAH - CIWASTRA
RUTE: CIJERAH - CIGONDEWAH - CIBOLERANG - KOPO - BKR - BUAH BATU - MARGA CINTA

CICADAS - ELANG
RUTE: KIARA CONDONG -GATOT SUBROTO - LENGKONG - ABD. MUIS - DEWI SARTIKA - KEBUN KAWUNG - ABD. SALEH

ELANG - CICADAS
RUTE: RAJAWALI - KEBUN JATI - OTISTA - DALEM KAUM - CIKAWAO - GATOT SUBROTO - KIARA CONDONG - JAKARTA

CIROYOM - ANTAPANI
RUTE: ABD. SALEH - PADJAJARAN - ACEH - LASWI - SUKABUMI - JAKARTA - PURWAKARTA

ANTAPANI - CIROYOM
RUTE: PURWAKARTA - JAKARTA - SUKABUMI - LASWI - ACEH - PADJAJARAN - ABD. SALEH

CICADAS - CIBIRU
RUTE: KIARA CONDONG - SUKARNO HATTA - CIBIRU

CIBIRU - CICADAS
RUTE: SUKARNO HATTA -KIARA CONDONG - JAKARTA - A. YANI

SADANG SERANG - GEDE BAGE
RUTE: TUBAGUS ISMAIL - Ir. H. JUANDA - SURAPATI - HASAN MUSTOPA - UJUNG BERUNG - RUMAH SAKIT - GEDE BAGE

GEDE BAGE - SADANG SERANG
RUTE: RUMAH SAKIT - UJUNG BERUNG - CIKUTRA - PAHLAWAN - SURAPATI - Ir. H. JUANDA - TUBAGUS ISMAIL

SADANG SERANG - CARINGIN
RUTE: TUBAGUS ISMAIL - TAMAN SARI - PADJAJARAN - KEBUN? KAWUNG - ABD. SALEH - GARUDA - CIJERAH - BOJONG - CARINGIN

CARINGIN - SADANG SERANG
RUTE: CARINGIN - BOJONG - CIJERAH - ELANG - ABD. SALEH - RADJIMAN - TAMAN SARI - GANESHA - Ir. H. JUANDA - TUBAGUS ISMAIL

CIBADUYUT - KARANGSETRA
RUTE: LEUWI PANJANG - KOPO - ASTANA ANYAR - PASIR KALIKI - SUKAJADI - DR. SUTAMI

KARANGSETRA - CIBADUYUT
RUTE: DR. SUTAMI - SEDERHANA - PASIR KALIKI - ASTANA ANYAR - KOPO - LEUWI PANJANG -CIBADUYUT

Bis Kota
CICAHEUM - CIBEUREUM
LEDENG - LEUWIPANJANG
KIARACONDONG - CIROYOM
LEUWIPANJANG - DIPATIUKUR
LEUWIPANJANG - CICAHEUM
CIBIRU - KEBON KELAPA
KIARACONDONG - SARIJADI

24. Daftar Distribution Outlet (Distro) Di Kota Bandung
Neps
18th Park Jl. Riau 18 Bandung
Information : (+62-22) 70653323
Office : (+62-22) 7100034

Metamorf
Jl. Riau 106 Bandung
Information : (+62-22) 70718695
Office : (+62-22) 4236880

Feeble
Komp. Komp. Ujung Berung Indah 10 Bandung
Phone : (+62-22) 7807164

Suantex
Jl. Dulatip 68B Bandung
Information : (+62-22) 70720370
Office : (+62-22) 4209594

Screamous
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Information : (+62-22) 91124948

Evil Army
Jl. Sultan Agung 5
Information : (+62-22) 4265106

Mugabe
Jl. Jatiwangi Raya 11 Antapani Bandung


Marrmello
Jl. Buah Batu 62 Bandung
Information : (+62-22) 70372226

Romantic Silver
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Information : (+62-22) 4221124

Rawks
Jl. Banda 23 Bandung

Mozie Framework
Jl. Bola Keranjang 8 Arcamanik Bandung

Diery
Jl. Trunojoyo 23 Bandung

Flames & The Love Conspiracy Inc.
Jl. Cidurian Utara 203 Bandung

Silverside_686
Jl. Pasir Suci Barat 16 Ciwastra Buah Batu Bandung

Terrgee
Jl. Sari Asih II/2 Bandung

Invictus
Jl. Pager Gunung 13 Bandung

Dobujack Invasion
Jl. Plered 2/19 Antapani Bandung

Caboo
Jl. Sultan Agung 3 Bandung

Sins
Jl. Merak 4 Bandung

Monster Industries
Jl. Bukit Dago Selatan 11 Bandung

Dloops
Jl. Geusanulum 1 Sultan Agung Bandung

Wake Clothes
Jl. Sunda 93A Bandung

Flashjack
Jl. Sukarajin II Gg. Sastrodiharjo VI 1 Bandung

Kenari Fabrics Outlet
Jl. Kenari 14 Bandung

NLS
Jl. Trunojoyo 8 Bandung

Boardmaker
Jl. Merdeka 68 Bandung

Frblt
Cihampelas Walk, Young Street SG-28 Bandung

ThunderStar
Jl. Permata Kopo A62 Bandung

Eatshop
Jl. Buah Batu 159 Bandung

Ouval Research
Jl. Buah Batu No.64 Bandung
Information : (+62-22) 7306697

Black Jack
Jl. Trunojoyo 19 Bandung

Horny
Jl. Cibeunying Kolot 84 Cigadung Selatan Bandung

Flashy
Jl. Dipatiukur 1 Bandung

Blankwear
Jl. Trunojoyo 23 Bandung

Airplane System
Jl. Aceh 44 Bandung
Information : (+62-22) 4210092

347
Jl. Trunojoyo 4 Bandung

Post Clothing Co.
Jl. Dipatiukur 43 Bandung
Black ID
Jl. Belitung 3 Bandung

Brand Rvltn
Jl. Pelindung Hewan 15 Lt. III Bandung

Oro
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Jail Body Inside
Jl. Batununggal Indah Raya I/10 Bandung

Anti Beauty
Jl. Trunojoyo 6 Bandung

Little Sweet
Jl. Dr. Setiabudi 135 Bandung

Special Tanks to
Sumber :http://bandung.blogspot.com








Reaksi:

2 komentar:

Tempat Wisata di Bandung mengatakan...

salam persahabatan dan salam wisata

Tempat Wisata di Bandung mengatakan...

salam persahabatan dan salam wisata