Penyebab Musnahnya Dinasaurus Diakibatkan Oleh Benturan Asteroid (Meteor Raksasa)


INILAH.COM, London – Tanduk dari salah satu dinosaurus selamat akhirnya bisa membuktikan kebenaran meteor raksasa menghantam Bumi dan memusnahkan era reptil itu di Bumi.

Fosil tanduk sepanjang 45 cm milik keluarga dinosaurus pemakan tanaman, Triceratop ditemukan di situs geologis yang dikenal sebagai Hell Creek Formation di tenggara Montana, Amerika Serikat (AS), tempat banyak fosil dinosaurus lain ditemukan.
Hal yang membuat temuan ini menarik adalah lokasi ditemukannya, hanya 13 cm di bawah lapisan batu yang menandai Cretaceous-Tertiary atau batas ‘K-T,’ titik catatan fosil tempat dinosaurus mati. Artinya seperti ditulis dailymail, semua jejak dinosaurus yang ada di sekitar waktu itu seharusnya telah hilang.
Ilmuwan yakin, dinosaurus ini menghilang secara tiba-tiba karena bencana global, bukan kepunahan perlahan. Asteroid raksasa menghantam Bumi di pesisir Meksiko pada akhir Periode Krutasius 65 juta tahun silam yang menyebabkan reptil ini punah.
Temuan yang diterbitkan di jurnal Royal Society Biology Letters ini menyatakan, asteroid raksasa memusnahkan hewan ini. “Temuan ini memberi bukti dinosaurus tidak mati secara perlahan sebelum meteor menghantam,” ujar Dr Tyler Lyson dari Yale University.
Oleh: Billy A. Banggawanhttp://teknologi.inilah.com
Reaksi:

0 komentar: