Biografi Mulan Jameela


Mulan Jameela
Raden Terry Tantri Wulansari
Perempuan
Islam
Garut, Jawa Barat, 23 Agustus 1982



Biografi :

PERSONAL
Raden Terry Tantri Wulansari, atau lebih dikenal dengan nama Mulan Jameela lahir di Garut, Jawa Barat, pada tanggal 23 Agustus 1979. Pada awal kemunculannya di dunia musik bersama duo Ratu, Mulan dikenal sebagai Mulan Kwok atau Mulan Ratu.

Setelah keluar dari Ratu, Mulan bergabung dengan Republik Cinta Management Artist (RCMA) yang dikomandani Ahmad Dhani. Ahmad Dhani sendiri merupakan mantan suami Maia Estianty, pasangan Mulan dalam duo Ratu. Sejak bergabung dengan RCMA, Mulan Kwok pun berubah menjadi Mulan Jameela.

Saat usianya belum genap 20 tahun, Mulan menikah dengan Harry Nugraha pada tahun 1999. Mereka bertemu saat tergabung dengan band kafe Swarakustik. Harry pemain bass sedang Mulan vokalisnya. Sayang pernikahan yang telah membuahkan dua orang anak, Tyarani Savitri dan Muhammad Rafly Aziz kandas di tahun 2005.

Pada bulan Februari 2009, nama Mulan sempat menjadi topik hangat. Pasca perceraian Ahmad Dhani dengan Maia Estianty, Mulan disebut-sebut sebagai sosok yang kemudian dengan musisi kondang tersebut. Bersama Ahmad Dhani, ia menjadi keyword yang paling banyak di internet.

Namun isu santer tersebut akhirnya luntur juga. Setelah sekian lama kehidupan pribadi pelantun Cinta Mati II ini banyak dikaitkan dengan Dhani, akhirnya ia bisa lebih tenang. Pasalnya saat ini ia tengah menjalin hubungan spesial dengan seseorang dari kalangan non seleb. Bahkan Mulan tak menampik jika ia ingin segera mengakhiri status jandanya.

Sembari asyik di dunia hiburan, Mulan juga berpikir ke arah usaha. Ia mulai menjajal dunia bisnis. Karena merasa tak pede. ia pun menggandeng Dhani yang lebih berpengalaman. Mereka memilih berbisnis galeri furniture yang ada di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

KARIR
Nama Mulan melejit ketika bergabung dengan Ratu bulan April 2005. Sebelumnya Mulan sering bernyanyi di kafe (Bandung dan Jakarta). Mulan menggantikan posisi Pinkan Mambo yang keluar dari Ratu di akhir tahun 2004. Mulan sendiri berhasil dengan Ratu atas rekomendasi dari Ahmad Dhani, yang saat itu masih menjadi suami Maia.

Suara Mulan yang khas dan terkesan seksi membuatnya cepat diterima penggemar Ratu. Sayang setelah berkolaborasi dalam 2 album dengan pentolan Ratu, Maia Estianty, Mulan menyatakan keluar pada awal 2007. Konflik Mulan - Maia dipicu oleh honor Mulan yang tidak proporsional dan perubahan manajemen yang dinilai kurang terbuka.

Setelah keluar dari Ratu, baik Maia maupun Mulan kemudian menjalani karir sendiri-sendiri. Mulan memilih karir solo, sedangkan Maia memilih mencari pengganti Mulan. Setelah bergabung dengan RCMA, Mulan berhasil merilis album perdana pada awal 2008 dengan mengusung tembang andalan Makhluk Tuhan Paling Sexy.

Sejak memilih berkarir solo, karir Mulan pun semakin melejit. Setiap penampilannya di atas panggung, Mulan selalu identik dengan berbagai kostum unik dan tidak biasa. Namun hal itu juga yang membuat wajah dan namanya semakin dikenal dalam kancah dunia hiburan. Mulan juga beberapa kali berkolaborasi dengan sesama artis RCMA.

Pelantun tembang Wonder Woman dan Jatuh Cinta Lagi ini tak hanya berkarir di dunia tarik suara. Ia juga bermain sinetron serta film layar lebar. MAAF SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA pada tahun 2007 adalah salah satu film yang turut dibintangi olehnya.

Selain itu, Mulan juga sempat muncul dalam beberapa sinetron dan FTV antara lain PRIMADONA MENCARI SURGA, PASANGAN HEBOH, BODYGUARD SANG PENYANYI, PENYANYI YANG DIFITNAH, HABIS MANIS SUAMI DIBUANG, SERUMAH TAPI MUSUH. Selain itu Mulan juga dijadwalkan akan membintangi dua sinetron lain hingga tahun 2016.
Dan inilah '10 Fakta Menarik Mulan Jameela:
1. Mulan adalah satu-satunya penyanyi solo Indonesia yang dinominasikan di ajang MTV Asia Awards 2008 di Malaysia.
2. Terjun perdana di dunia layar lebar berjudul MAAF SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA (2007), Mulan langsung masuk nominasi MTV Indonesia Movie Awards 2007 untuk kategori Breaktrough Actor/Actress.
3. Mulan punya kisah unik saat mudik Lebaran. Gara-gara harus menempuh perjalanan 8-12 jam antara Jakarta dan Bogor, ia sampai pernah pipis di kresek di dalam mobil. Eww...!
4. Untuk mendalami karakter masing-masing di Ratu, dulunya Mulan sempat diajak Maia untuk tinggal satu bulan bersamanya. Maia sendiri mengaku 'jatuh cinta' ketika bertemu Mulan pertama kalinya pada Desember 2004 lalu.
5. Saat main film MAAF SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA, Mulan sempat nangis gara-gara dijutekin lawan mainnya Shanty selama sehari penuh. Namun Shanty sendiri tidak mengakui adanya rivalitas di antara mereka. Dan lagian, 'perang tak saling sapa' itu akhirnya encer juga.
6. Bukan cuma pintar soal tarik suara, untuk urusan busana juga Mulan jadi jagonya. Ia mengaku mampu menghasilkan 13 kostum berbeda dalam sebulan. Bahkan penyanyi yang kerap menciptakan kostum sendiri tanpa bantuan desainer itu juga sempat membuatkan busana untuk Bunga Citra Lestari.
7. Mulan pernah merasa mengalami malpraktek ketika menderita sakit panas selama 10 hari di sebuah rumah sakit. Saat itu, sakitnya tak jua mereda, sampai empat kali ambil darah dan tidak ada hasil pasti dari dokter. Mulan merasa dipermainkan karena diagnosa yang diberikan dokter pun macam-macam. Pun begitu, setelah sembuh, ia tidak kapok berobat di rumah sakit yang sama.
8. Mei 2009, Mulan pernah menyatakan takkan mau dinikahi secara siri. Baginya, daripada dinikahi seperti itu, mendingan hidup mandiri. Itu lebih enak. Dan yang terburuknya lagi, Mulan sangat anti menjadi istri simpanan.
9. Walaupun punya banyak gaya dalam penampilannya, Mulan ternyata tak pernah mau disebut trendsetter.
10. Jika kebanyakan artis berniat membuka lahan bisnis yang langsung besar, beda lagi dengan Mulan. Ia lebih memilih untuk membuka warung tenda dengan menu sederhana seperti sambal cobek.


DISKOGRAFI
Album solo
AKU TETAP TERSENYUM (1996)
KEKAL (2000)
MULAN JAMEELA(2008)
99 (2011)

Bersama Ratu
RATU & FRIENDS (2005)
NO. SATU (2006)

Album kompilasi
THE BEST OF REPUBLIK CINTA ARTISTS VOL. 1 (2008)
D'PLONG: SENSASI ROCK'N'DUT (2009)

FILMOGRAFI
Film
MAAF SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA (2007)

Sinetron & FTV
PRIMADONA MENCARI SURGA (FTV Hikayah Idul Fitri, 2006)
PASANGAN HEBOH (Sinetron, 2007)
BODYGUARD SANG PENYANYI (FTV, 2007)
PENYANYI YANG DIFITNAH (FTV, 2007)
HABIS MANIS SUAMI DIBUANG (FTV, 2007)
SERUMAH TAPI MUSUH (FTV, 2007)
BANGUNANKU AMBRUK (Sinetron, 2015)
RUMAHKU (Sinetron, 2016)

IKLAN TV
Blok A Tanah Abang (2008)
Sarimi (2009)
Nissan Grand Livina (2010)
Bank BII (2012) bersama Ira Wibowo
Mountea (2011-2012)
Indosat IM3 (2012) bersama Agnes Monica
Indomie (2013)
Frestea (2012-2017)
Casio (2016) bersama Robbie Williams, Agnes Monica dan Afgan
POP Bihun (2014-2019) bersama Vierra, Derby Romero
Printer Epson (2017)
Reaksi:

0 komentar: