Kenapa Penduduk Pulau Jawa Lebih Banyak Dan Padat Dibandingkan Dengan Pulau Sumatera?


Kenapa Penduduk Pulau Jawa Lebih Banyak Dan Padat Dibandingkan Dengan Pulau Sumatera?. Padahal penduduk yang mendiami kedua pulau tersebut berasal dari ras yang sama yaitu ras Proto Melayu. Jawaban berikut adalah pendapat Ane gan maaf kalau ada yang tidak sependapat maklum Ane hanya orang bodoh yang sok pintar.
  1. Slogan suku jawa dan suku sunda pada zaman dahulu "banyak anak banyak rezeki" 
  2. Slogan penduduk jawa dan sunda pada zaman dahulu "makan gak makan yang penting ngumpul" coba bandingkan dengan Suku Minang dan Batak yang terbiasa merantau. Menyebabkan penduduk sumatera lebih banyak yang bermigrasi ke pulau jawa. Hal ini disebakan karena pulau jawa khususnya Jakarta sebagai ibukota menjadi magnet dalam mencari pekerjaan.
  3. Rata-rata orang penduduk pulau sumatera lebih lambat nikah jika dibandingkan dengan penduduk pulau jawa. sekali lagi ini pada zaman dahulu loh. Malah saya kaget melihat data statistik pada tahun 1971 ternyata usia pernikahan pulau sumatera memang lebih lambat jika dibandingkan pulau jawa. Sumatera Utara 20.8 th, Sumatera Barat 20.3 th, Sumatera Selatan 20 th, cobabandingkan dengan Jawa barat 17.8 th, Jawa tengah 19.0 th, Jawa timur 18.7 th. Untuk melihat lebih detail silahkan klik disini
  4. Usia rata-rata hidup penduduk pulau jawa lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk pulau sumatera coba lihat kalau disumatera jarang dijumpai kakek dan nenek yang usianya lebih dari 80 tahun. Berdasarkan data BPS SP 2000 Angka Harapan Hidup untuk provinsi Sumatera Selatan 64.02 Sumatera Barat 64.02 Sumatera Utara 66.17 sedangkan Angka Harapan Hidup Jakarta 71.13 Jawa Barat 63.07 Jawa Timur 65.21 Jawa Tengah 66.17 Jogya 71.13.Untuk Melihat Lebih detail silahkan klik disini
  5.  Menurut teman Ane yang dokter yang menyebabkan penduduk jawa mempunyai angka harapan hidup lebih dari pulau sumatera diakibatkan oleh faktor pola makanan dimana penduduk sumatera lebih menyukai lemak dan santan sehingga lebih beresiko terhadap terserang penyakit jantung, selain itu penduduk sumatera kurang menyukai sayuran dan lalap.
  6. Kemungkinan bencana alam di pulau sumatera lebih banyak daripada di pulau jawa.
Sekali lagi ini hanya pendapat pribadi Ane gan, jadi sorry jika ada tidak setuju.
Reaksi:

0 komentar: