'Jesus' Dipasang untuk Iklankan Ponsel Android, Umat Kristiani Protes


Kamis, 08 September 2011 11:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Persaingan pemasaran kerap membuat pelakunya kebablasan. Di Amerika Serikat, sebuah lembaga pengawas iklan memerintahkan pencopotan dan pelarangan iklan ponsel yang memajang tokoh kartun mirip Jesus Kristus. Langkah ini dilakukan setelah lembaga ini menerima sedikitnya 100 keberatan atas iklan tersebut. Kebanyakan menilai iklan ini mengejek dan meremehkan keyakinan Kristiani.

Sebelumnya, Phones4U, perusahaan advertising, melakukan kampanye nasional melalui media cetak untuk mempromosikan ponsel Android teranyar. Dalam iklan itu, tokoh mirip Jesus Kristus tampak mengacungkan jempol. Iklan ini diluncurkan hampir berbarengan dengan penyambutan datangnya Paskah.

Tak kama setelah itu, The Advertising Standards Authority menerima 98 keberatan. Penggambaran tokoh mirip Jesus dianggap tidak pada tempatnya untuk mempromosikan sebuah produk.

Phones4U, yang dikenal dengan produk iklan nyelenehnya, menyatakan iklan itu bertujuan untuk menciptakan "pencerahan, citra positif dan kontemporer dari Kekristenan yang relevan dengan  Paskah".

Namun, ASA berpendapat sebaliknya. Mereka mengatakan citra dan teks dari iklan "memberi kesan bahwa mereka mengejek dan meremehkan inti kepercayaan Kristen".

Ia menambahkan bahwa mereka "tidak hormat" terhadap iman Kristen dan cenderung menyebabkan pelanggaran serius. ASA melarang iklan itu dari peredaran.

Sumber :http://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/11/09/08/lr6r9v-jesus-dipasang-untuk-iklankan-ponsel-android-umat-kristiani-protes
Reaksi:

0 komentar: