Nasionalisme ala Orang Garut (ASGAR)

Garut adalah salah satu daerah tingkat dua di Provinsi Jawa Barat, selain alamnya yang indah, garut terkenal dengan makanan dan kerajinan kulitnya.

Perekonomian garut digerakan sepenuhnya oleh para pengusaha garut, sangat sedikit investor dari  luar daerah yang berinvestasi di daerah ini.

Semangat nasionalisme tidak hanya slogan semata, tetapi harus dipraktekan dalam kehidupan nyata.

Sebagai wujud nasionalisme orang garut selalu menamakan produk dengan brand "Garut" hal ini justru sangat efektif untuk melawan kapitalisme dan mencegah pencaplokan oleh negara lain. Orang Garut sangat mencintai daerahnya, sangat bangga dengan produk yang dihasilkannya, orang garut selalu membawa produk-produk garut kemanapu pergi.


1. Kerajinan Kulit Garut
Kualitas kulit garut adalah terbaik di Indonesia, karena berasal dari kulit domba garut yang sudah terkenal. Setiap hari jumat domba-domba di garut dimandikan, sehingga bebas dari kutu, hal ini yang menjadikan kulit domba garut mempunyai kualitas bagus.


Coba lihat orang garut dengan bangganya mereka memakai produk garut..Seluruh pakaian yang menempel di tubuh seperti jaket , ikat pinggang, sepatu, tas, dan dompet adalah buatan garut. Untuk produk-produk kulit mereka gak akan beli selain dari garut.

2. Domba Garut
Domba Garut adalah domba yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Dalam bahasa latin disebut ovis aries yang merupakan campuran dari perkawinan antara domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Domba capstaad sudah ada lebih dulu di Garut, sementara domba merino baru didatangkan ke Garut pada abad ke-19. Dari ketiga jenis domba itulah, lahir varietas baru yang kemudian disebut domba Garut.
Walaupun sekarang domba Garut sudah menyebar sekitar wilayah priangan, tetapi orang Garut kemana-mana selalu bilang itu adalah Domba Garut, dan akhirnya daerah lain pun mengalah. 



3. Dodol Garut
Dodol Garut merupakan camilan khas Sunda dari kota Garut, Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat.

Terdapat banyak sekali toko-toko atau warung-warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya. Di sepanjang jalan kota Garut banyak penjual yang menjajakan dodol Garut, terutama di jalan-jalan yang dijadikan sebagai pintu gerbang menuju ke daerah lain di sekitar kota Garut.
Banyak orang yang menyukai dodol Garut ini karena rasanya yang khas yang membedakannya dengan dodol-dodol sejenis dari daerah lainnya di Indonesia.
 
 Inovasi Cokelat dan Dodol
 Daerah Garut ternyata merupakan daerah yang sangat cocok untuk tanaman cokelat sehingga banyak di daerah garut menjadi salah satu penghasil tanaman cokelat, beberapa pabrik cokleat pun berdiri.
Tahun 2009 Kiki Gumilar berinovasi menggabungkan antara Dodol dan Cokelat sehingga lahirlah produk yang bernama Chocodot.


4. Batu Akik 
Batu Akik Pancawarna dan Hijau Garut menjadi sangat terkenal beberapa waktu lalu, seperti biasa orang garut selalu menempelkan brand "Garut" pada batu akik tersebut.


5. Pangkas Rambut Asgar (asli Garut)
Mungkin kalian banyak yang bingung, kenapa sih tukang pangkas yang di pinggiran jalan dinamainnya selalu tukang pangkas rambut Asgar? Kenapa sih mereka sering dibicarakan? Kenapa sih mereka terkenal banget? Sampai-sampai saking terkenalnya, Marvel pun mau memfilmkan salah satu karakter superhero-nya, Thor, yang diceritakan berasal dari Asgard. Asal Garud.

Daerah garut khususnya daerah banyuresmi terkenal dengan orang-orangnya yang pandai dalam memangkas rambut, hal itu tak heran karena anak-anak sekolah SMP dan SMA di garut dalam tasnya selalu tersedia gunting dan sisir, bukan untuk tawuran, tetapi untuk memangkas rambut temannya.

Dan kerennya, tukang-tukang pangkas rambut Asgar ini punya standar kerja sendiri biar pelanggannya seneng, yaitu: harus ramah, harus ngajak ngobrol pelanggan biar nggak bĂȘte, dan diakhiri dengan pijat. Mantaaaap!



6. Jeruk Keprok Garut
Sudah sejak lama, jeruk Garut telah popular dan menjadi trademark Kabupaten Garut. Oleh karena itu, sesuai dengan Perda No. 9 Tahun 1981, jeruk garut telah dijadikan sebagai komponen penyusun lambang daerah Kabupaten Garut. Selain sebagai buah ciri khas Kabupaten Garut, jeruk merupakan komoditas sub-sektor pertanian tanaman pangan yang mempunyai prospek cukup cerah dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Sebagai komoditas unggulan khas daerah, Jeruk Garut mempunyai peluang tinggi untuk terus dikembangkan karena keunggulan komparatif dan kompetitifnya serta adanya peluang yang masih terbuka luas. Dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya, Jeruk Garut akan mampu bersaing dengan produk sejenis baik pada tingkat l nasional seperti halnya Jeruk Medan, Jeruk Pontianak serta jeruk impor seperti Jeruk Mandarin dan Jeruk New Zealand.

7. Bendera 
Setiap bulan agustus orang garut khususnya daerah leles akan menyebar ke seluruh Indonesia untuk berdagang bendera. Hal ini karena daerah Leles banyak pengrajin pembuat bendera.

Untuk bendera, mereka tidak berani mengganti nama Bendera Indonesia menjadi Bendera Garut hehehe.

 8. Batik Garutan
Batik garutan umumnya digunakan untuk kain sinjang, namun berfungsi juga untuk memenuhi kebutuhan sandang dan lainnya. Bentuk motif batik Garut merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya, falsafah hidup, dan adat-istiadat orang Sunda. Beberapa perwujudan batik Garut secara visual dapat digambarkan melalui motif dan warnanya.

Berdasarkan pemikiran yang melatarbelakangi penciptaan batik Garut, maka motif-motif yang dihadirkan berbentuk geometrik sebagai ciri khas ragam hiasnya. Bentuk-bentuk lain dari motif batik Garut adalah flora dan fauna. Bentuk geometrik umumnya mengarah ke garis diagonal dan bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya didomiansi oleh warna krem dipadukan dengan warna-warna cerah lainnya yang merupakan karakteristik khas batik garutan. 


Disusun dari berbagai sumber oleh
Gun Gun Hamdani
(Presiden Leuweungtiis)









Reaksi:

1 komentar:

dwiokta septiani mengatakan...

Halo semuanya, saya Dwiokta Septiani dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua untuk berhati-hati dengan beberapa pemberi pinjaman palsu di sini., Saya itu tertipu dan menghabiskan lebih dari 15 juta untuk biaya registrasi, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, namun setelah pembayaran saya, saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

Akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang atau peraturan keuangan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, kreditur atau perusahaan. Saya bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman Rp400,000,000 (juta) dari Anita Charles pinjaman perusahaan yang teman saya kenalkan kepada saya, mereka ada di sini untuk membantu kita semua yang telah ditipu dan curang, jadi jika Anda memerlukan pinjaman yang lebih baik, pergi ke Anita Charles Pinjaman perusahaan.

1: Mereka menawarkan pinjaman dengan bunga rendah 2%.
2: Anda tidak memerlukan jaminan untuk mendapatkan pinjaman ini, karena itulah sebabnya mereka memulai metode perizinan pinjaman, untuk memastikan keamanan uang pinjaman yang mereka tawarkan dan setelah pinjaman Anda dilisensikan, maka akan ditransfer kepada Anda.
3: Mereka mampu memberi Anda sejumlah pinjaman yang ingin Anda pinjam darinya tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda berinvestasi dengan bijaksana, sehingga Anda tidak gagal membayar kembali pinjaman Anda (Angsuran) setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda. Ini email mereka: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com Anda juga bisa menghubungi saya melalui email:(septianidwiokta@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

CATATAN semuanya. TIDAK ADA BIAYA PENDAFTARAN, TIDAK ADA BIAYA TRANSFER, TIDAK ADA BIAYA PAJAK, TIDAK ADA BIAYA), TIDAK ADA PAJAK, TIDAK ADA BIAYA) Mereka tersebut adalah pemberi pinjaman sejati.