Olahraga dan Penyakit Jantung

Seringkali kita mengalami kesulitan untuk mengatur jadwal olahraga di tengah rutinitas kesibukan anda sehari-hari. Pertanyaannya, cukupkah berolahraga hanya di akhir pekan?

Semua itu bergantung dari seberapa bugar kondisi Anda. Apabila Anda memiliki faktor resiko yang berhubungan dengan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau kelebihan berat badan yang harus dihilangkan, membakar 1.000 kalori per minggu sesuai rekomendasi hanya dalam satu atau dua sesi latihan tampaknya tidak akan berpengaruh banyak pada kebugaran Anda. Cobalah untuk membagi pembakaran kalori kedalam empat atau lima sesi selama seminggu, Anda dalam proses yang benar untuk memiliki hidup sehat dan umur yang lebih panjang.
Olahraga memiliki efek jangka panjang dan pendek, akan tetapi efek jangka pendek berkaitan erat dengan manfaat jangka panjang. Sebagai contoh, lakukan gerakan jalan cepat dan Anda akan segera menikmati tekanan darah sistolik rendah. Akan tetapi, manfaat langsung itu hanya berlangsung untuk beberapa jam. Jadi, Apabila Anda berjalan hanya sekali dalam seminggu – apakah itu untuk 20 menit atau 2 jam – jantung Anda akan menikmati manfaat tersebut pada saat itu saja. Jadi dalam jangka panjang, kesehatan Anda mungkin tidak akan berpengaruh sebanyak jika Anda berjalan setiap hari.
Mau contoh lain? Kadar Trigliserida Anda. Olahraga mampu menurunkan kadar Trigliserida dalam waktu 24 jam. Berolahragalah setiap hari, maka trigliserida Anda dalam waktu 4 hari akan turun secara berarti. Namun, bila Anda berohlaraga hanya sekali setiap akhir pekan, Anda tidak akan mendapat manfat yang sama. 
Sumber :http://www.sayangijantungmu.com/artikel_detail?id=1
Reaksi:

0 komentar: