Tambal Luka Jantung dengan 'Plester'

VIVAnews - Sekelompok peneliti asal Israel berhasil mengembangkan cara alternatif untuk memperbaiki kerusakan akibat serangan jantung.

Semacam 'plester' yang dibuat dari otot jantung menjadi alternatif untuk menambal bekas luka akibat serangan mematikan itu.

Peneliti Israel kemudian mengujicobakan 'plester' itu pada tikus yang mengalami serangan jantung. Hasilnya, percobaan itu mampu memperkuat jantung binatang pengerat itu.

'Plester' mula-mula bertumbuh pada jaringan abdominal, kemudian ditransplantasikan di area jantung yang rusak.
Ini merupakan eksperimen pertama dengan sejumlah 'plester' yang dapat meningkatkan kesehatan jantung setelah mengalami kerusakan.

Peneliti tersebut kemudian menilai peningkatan ukuran otot di area jantung yang rusak. Mereka juga meningkatkan penghantar dari rangsangan elektrik agar kerja pompa jantung berjalan normal.

Gagal Jantung
Serangan jantung seringkali menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung. Jika seseorang berhasil bertahan hidup, kerusakan otot tersebut selanjutnya dapat menyebabkan kondisi serius lainnya yang disebut gagal jantung.

Prosedur eksperimen tersebut diharapkan dapat menyembuhkan seseorang karena prosesnya yang sederhana dan aman.

Meski demikian, karena mayoritas pasien serangan jantung berusia lanjut dan berbagai macam pengobatan dapat menciptakan risiko lebih besar, strategi tersebut tidak langsung menjadi pilihan.

arinto.wibowo@vivanews.com
• VIVAnews

0 komentar: