Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Tips Memilih Durian Yang Bagus

 Saya adalah pecinta durian, saya dilahirkan didaerah garut tapi kebetulan ayah saya mencoba menanam benih durian yang barasal dari jambi dan setelah 5 tahun penantian akhirnya berbuah dan alhamdulillah hasilnya bagus. Dan mempunyai 5 (lima) pohon durian. Ayah saya mendapat resep dari seorang temannya jikalau menginginkan durian yang berbuah manis yaitu dengan cara menggunakan pupuk dari bangkai ayam ini telah terbukti sehingga buahnya terasa manis, sedangkan cara untuk memperbesar buah durian adalah dengan cara tidak menumbuhkan semua buah durian pilih yang dikira-kira akan bagus sehingga mengakibatkan buah duriannya besar.
Setelah berbuah beberapa tahun akhirnya saya mengetahui beberapa tips cara memilih durian. Terlebih sekarang saya sekarang tinggal didaerah jambi yang sangat berlimpah durian ketika musimnya tiba. Berikut saya jabarkan beberapa tips untuk memilih duran yang baik :

  1. Pilihlah durian yang besar karena sudah jelas matang, tetapi tentu harganya jelas mahal
  2. Jika karena alasan dompet tipis dan terpaksa memilih durian kecil, pilihlah duri yang besar, memiliki duri yang jarang, dan agak tumpul karena isinya bagus. Dengan demikian selain dapat durian yang bagus juga durinya mengurangi rasa aww ketika membukanya.
  3. Jangan lupa memeriksa kulit durian jangan sampai terdapat lubang, karena bisa dipastikan durian yang berlubang hasilnya pasti busuk karena teleh dimakan oleh ulat.
  4. Periksa tangkainya, untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal itu berarti asupan nutrisi ke buahnya banyak sehingga buahnya kemungkinan tebal
  5. Pukul durian, jangan pake tangan sakit loh, pukul pake gagang pisau kalau bunyinya buk..buk..buk.. bisa dipastikan bahwa durian tersebut kering dan matang.
  6. Jangan sekalipun memlih durian yang sudah terbuka, karena itu menandakan sudah terlalu masak dan kalau tidak beruntung Anda akan mendapatkan durian yang mempunyai kadar alkohol yang tinggi dan terasa pahit.
  7. Jangan tertipu warna, perlu diketahui bahwa durian muda (pentil) berwarna coklat tua dan ketika sudah besar berubah warnanya menjadi hijau lalu berubah lagi menjadi coklat muda, jadi warna coklat belum tentu sudah tua loh. Tetapi kalau warna jenis lain sih saya juga belum tahu.
  8. Untuk menentukan apakah durian tersebut jatuhan atau di peram/karbit, caranya sangat mudah lihat saja tangkainya apakah terlihat bekas potongan.
  9. Dan jangan lupa dicium baunya, kalau sudah berbau itu menadakan sudah matang 
  10. Nah terus masih bingung juga ? kalo mau aman, ketika beli durian minta sama pedagang untuk membukanya langsung dan makan ditempat pasti pedagang akan ngasih durian yang bagus karena  berkaitan denga reputasinya.

Mudah-mudahan tips memilih durian ini dapat bermanfaat bagi pecinta durian.

Tidak ada komentar: