Krisis Utang As,PM Rusia: Amerika Parasit Ekonomi Dunia


SELEGER, - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di Seleger, Rusia bagian tengah, Selasa (2/8/2011), menyebut Amerika Serikat sebagai parasit perekonomian dunia. Perilaku AS mengakumulasi utang dan mengancam sistem keuangan dunia merupakan tindakan parasit.

"AS hidup dalam jeratan utang. Mereka melemparkan tanggungjawab kepada negara-negara lain ikut menanggung persoalan ekonomi Amerika," ujar Putin yang dikutip The Straits Times, Singapura.
Presiden Barack Obama pada Minggu (31/7) mengumumkan AS tidak jadi mengalami batal bayar (default) utang yang telah jatuh tempo. Obama berhasil mengangkat pasar keuangan global. Demikian pula dua bursa di Moskow indeksnya naik dua persen.
Meski demikian, investor masih meraukan kebijakan Obama dan sentimen bursa menjadi negatif. Putin berulangkali mengkritik kebijakan fiskal AS dan strategi menutup defisit keuangan melalui surat utang yang dipegang Rusia dan China.
Nilai surat utang AS akan menyusut seiring anjloknya peringkat utang AS di mata lembaga pemeringkat di negara-negara barat. Putin bersikukuh, masyarakat internasional harus mencari sistem cadangan devisa baru di luar dollar AS untuk menunjang perdagangan dan simpanan.
"Kalau ekonomi AS bangkrut, penggunaan dollar AS akan berdampak buruk bagi seluruh dunia," ujar Putin.
Putin menambahkan, kesepakatan utang yang dilakukan Obama bukanlah langkah besar karena sekadar menunda persoalan ekonomi yang lebih besar. Ada pun Presiden Rusia Dmitry Medvedev dikenal sebagai tokoh yang dekat dan pro-Gedung Putih. 

Sumber :The Straits Times/AFP
Reaksi:

0 komentar: