Inilah Walikota Rocker Di Indonesia


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Solo, Joko Widodo punya niat akan mendatangkan group musik cadas, Metallica. Kini, niat untuk mendatangkan group musik legendari asal Amerika Serikat ini terus diupayakan yaitu dengan mencari tahu, mencari jaringan, pihak mana saja yang dianggap bisa mewujudkan keinginannya itu. Keinginannya, aku pria yang akrab disapa Jokowi, juga keinginan para pecinta Metallica di Indonesia.
"Saya ini apa adanya, sejak SMA dengan musik metal, sampai sekarang. Teman-teman komunitas musik metal berharap, kalau bisa kita datangkan Metallica, harapannya ya tahun depan," ungkap Jokowi saat berbincang-bincang khusus dengan Tribunnews.com, Minggu (6/11/2011).
Jokowi, adalah Wali Kota Solo yang sudah dua kali menjabat dan akan berakhir pada 2015 nanti. Jokowi dikenal sebagai salah satu kepala daerah berprestasi yang selalu berbicara apa adanya, termasuk kegemarannya mendengarkan musik-musik cadas.
Bahkan, meski sudah menjadi orang nomor satu di Kota Solo, Jokowi masih menyempatkan diri mendengarkan musik hingar bingar yang menurutnya, musik yang disajikan apa adanya, dan penuh dengan filosofi hidup dan pesan moral.
"Musik rock  itu penuh semangat, kultur pendobrak. Banyak pesan yang disampaikan melalui musik ini. Baik itu pesan lingkungan, korupsi, semuanya ada. Dari judul, sampai liriknya, memuat pesan," kata Jokowi.
Cintanya kepada musik cadas, Jokowi mengaku datang sendiri, saat menyaksikan group musik Linkinpark beraksi di Jakarta. Bahkan, beberapa kali Jokowi datang menyaksikan grup-grup yang mengusung jenis musik ini, termasuk, saat group musik cadas asal Bali, Superman is daeth manggung di Solo.
Jokowi mengakui hadir, tanpa pengawalan ketat, berbaur dengan para penonton yang lain. "Kalau nontonnya khusus kurang leluasa, lebih baik berbaur, bersama mengekspresikan musik," kata Jokowi sambil terkekeh.
Koleksi lagu-lagu metal, diakui Jokowi, juga masih tersimpan rapih di rumahnya. Beberapa di antaranya, grup musik Napalm Daeth, Led Zeppelin, Lamb of God, sampai Dep Purple. Koleksi kaos metal, pun masih tersimpan rapi. Jokowi mengaku, sesekali waktu masih memakai koleksi kaos-kaos metalnya, sambil bernostalgia.
"Saya ini penikmat musik metal sejak SMA, termasuk Metallica. Album-album Metallica juga masih saya simpan," tutur Jokowi.
Harapannya kini, pemilik nama lengkap Joko Widodo ini, apa yang menjadi harapan penggemar musik-musik cadas, juga penggemar grup musik Metallica, bisa terwujud. "Mendatangkannya (Metallica) sebenarnya tidaklah susah," kata pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 ini berharap.


Penulis: Rachmat Hidayat  |  Editor: Yudie Thirzano
Sumber : Tribunnews.com
Reaksi:

0 komentar: