Perlengkapan Wajib Pengendara Motor Saat Hujan


Musim hujan telah tiba. Bagi para pengendara motor, guyuran hujan air dari langit yang bisa datang sewaktu-waktu akan menimbulkan persoalan tersendiri. Selain badan basah, potensi mengalami kecelakaan semakin tinggi.

“Tergelincir karena jalanan licin, melibas genangan, pandangan terganggu, hingga mesin mati secara tiba-tiba adalah beberapa penyebab kecelakaan pengendara motor,” tutur Edo Rusyanto, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Road Safety Association, di Jakarta, Kamis malam, 3 November 2011.

Karena itu, kata Edo, para pengguna motor wajib mengantisipasi hujan sebelum berkendara. Langkah antisipasi tak cukup hanya menyiapkan kondisi kendaraan dan menerapkan cara berkendara yang benar.

“Menyiapkan perlengkapan pendukung keselamatan dan kenyamanan berkendara juga tak kalah penting,” kata Edo.

Apa saja perlengkapan tersebut? Berikut penjelasan Edo:

1. Helm berstandar keamanan
Helm merupakan peranti pelindung kepala pengendara motor untuk mengurangi risiko fatal bila terjadi kecelakaan. Namun sebaiknya jangan asal memilih helm.

Pilihlah helm yang memenuhi standar keamanan dengan jaminan telah mendapat sertifikasi dari lembaga resmi yang diakui oleh pemerintah. “Kualitas helm ini sangat penting karena perlindungan terhadap kepala bukan persoalan main-main,” ujar Edo.

Fakta menunjukkan, dari total kecelakaan lalu lintas di tanah air 70 persen di antaranya merupakan kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor. Sedangkan 80-85 persen kematian akibat kecelakaan itu dikarenakan luka fatal di kepala. “Karena tidak menggunakan helm atau helm tidak memenuhi standar,” jelas Edo.

2. Sarung tangan berkualitas
Sarung tangan yang berkualitas tak harus mahal, tapi yang penting tidak licin saat terkena air. Penggunaan sarung tangan itu juga bermaksud agar cengkeraman tangan terhadap karet di setang tidak meleset atau terlepas karena licin.

3. Jas hujan
Pemakaian jas hujan selain untuk mencegah badan basah seiring dengan guyuran air hujan, juga sebagai tanda bagi pengguna jalan lainnya atas keberadaan kita. ”Dengan kata lain, pakaian khusus di saat hujan itu juga menjadi sarana pencegah kecelakaan,” ucap Edo.

Satu hal yang patut dicatat, pastikan kepala tetap leluasa digerakkan kala jas tersebut dikenakan. Pastikan jas hujan tidak menutupi Anda untuk melihat ke belakang melalui kaca spion.

Selain itu, hindari menggunakan jas hujan jenis ponco karena ujung bagian bawah jas itu rawan tersangkut di jeruji motor. Sebaiknya Anda juga memilih jas yang berbahan PVC dengan warna cerah (Baca juga artikel memilih jas hujan yang tepat di tempointeraktif.com, Minggu, 30 Oktober).

4. Sepatu
Agar selama berkendara tetap aman di tengah guyuran hujan, sangat disarankan menggunakan sepatu. Bila memungkinkan gunakan sepatu bootkhusus bagi pengendara motor.

Hal itu dimaksudkan agar saat memindah gigi transmisi atau saat kaki menginjak lintasan untuk mendapat titik tumpuan kala Anda bermanuver tidak meleset. Maklum guyuran air hujan menjadikan lintasan atau jalan dan bagian-bagian motor licin.

“Sebisa mungkin hindari menggunakan sandal,” katanya.

5. Busi cadangan dan bohlam lampu
Faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi yang basah. Karena itu sediakan busi cadangan.

Memang, Anda bisa memperbaiki busi lama di motor. Namun itu perlu waktu dan hasilnya belum tentu memuaskan karena bisa saja busi lama tersebut telah aus, sehingga rentan bermasalah bila terkena air.

Selain busi komponen yang juga wajib Anda bawa adalah bohlam lampu, khususnya lampu utama. Pasalnya bila Anda berkendara di malam hari dan tiba-tiba lampu utama bermasalah, selain berisiko kecelakaan juga membuat perjalanan Anda tidak nyaman.

6. Peralatan servis ringan
Saat hujan, potensi munculnya masalah pada motor sangat besar. Mogok karena busi dan karburator terkena air adalah masalah yang kerap muncul. Agar tak kesulitan mengatasi permasalahan itu sebaiknya sediakan beberapa peralatan servis ringan.

Obeng, kunci pas, grease, isolasi, lem, kertas ampelas, kunci busi adalah beberapa peralatan yang perlu Anda bawa.

Sumber :Arif Arianto Tempo Interaktif 
Reaksi:

0 komentar: