Tips Supaya Tagihan Air PDAM Sedikit

Sebelumnya saya sampaikan bahwa tips yang saya sampaikan tidak bermaksud untuk mengurangi atau menggembosi pendapatan PDAM tapi hanya mengajarkan kepada masyarakat untuk berhemat.


Tips yang akan saya sampaikan tidak melanggar hukum (menurut saya sih), dan ini terbukti efisien berdasarkan pengalaman pribadi. Oke kita langsung aja kita bongkar tipsnya

Pada prinsipnya penghitungan tagihan Air PDAM berdasarkan angka meteran, angka meteran didapat dari perputaran kipas yang disebabkan oleh air yang mengalir melalui pipa yang dipasang meteran.


Ada beberapa pencuri meteran PDAM yang mengakali supaya meterannya bergerak lambat, dan yang paling mudah adalah dengan mengecilkan kipasnya, sehingga dengan kipas kecil maka sentuhan air terhadap kipas akan berkurang yang mengakibatkan berputarnya kipas menjadi lambat.


Nah kalo tips dari saya bukan begitu. mudah sekali prisnsipnya hampir sama dengan motor yaitu jangan menggunakan gas secara spontan. jadi demikian pula dengan meteran air, jangan sekalipun membuka kran secara besar, ketika ditutup pun putaran meteran tidak langsung berhenti. jangan sekalipun membuka kran air secara mendadak dan menghentkannya secara mendadak (seperti pembalap aja ya). Jadi cara yang bijak adalah dengan membuka kran air secara perlahan-lahan dan kucuran air dibuat kecil sampai menetes aja, sampai meterannya berhenti berputar.


Memang sih pengisian bak menjadi lambat sekali, tapi bisa dicoba ketika malam hari jadi ketika pagi-pagi bak sudah penuh.


Silahkan dicoba






1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pretty....