Perbandingan Jasa Pengiriman Barang (Ekspedisi)



Perkembangan Teknologi Informasi telah merubah perilaku dan cara masyarakat berinteraksi. Cara berbelanja masyarakat pun ikut bergeser dari pasar tradisional ke pasar modern dan kini  memasuki era baru yaitu ECommerce atau  perdagangan secara online.Bisnis e-commerce yang semakin berkembang, membuat peluang bisnis pengiriman barang menjadi jauh lebih cerah selama beberapa tahun terakhir ini. Penjual dan pembeli hanya bertemu secara online, sehingga mereka membutuhkan perusahaan jasa pengiriman untuk menyampaikan berbagai pesanan yang terjadi di dalam transaksi jual beli online yang mereka lakukan. Peran perusahaan jasa pengiriman barang begitu besar dalam hal ini, itulah mengapa peluang bisnis pengiriman barang menjadi begitu baik belakangan ini.

Faktor - faktur yang menjadi pertimbangan untuk menentukan jasa pengiriman barang mana yang akan dipilih :

  1. Di dalam bisnis pengiriman barang, ketepatan waktu juga menjadi faktor yang berpengaruh kuat terhadap keberhasilan sebuah perusahaan ekspedisi. Pelanggan selalu mengharapkan barang kiriman mereka bisa tiba tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang telah diperkirakan sejak awal, hal ini menjadi sebuah perhatian khusus bagi pelanggan, terutama mereka yang memang memiliki sejumlah kepentingan bisnis yang terkait dengan barang-barang yang mereka kirimkan. 
  2. Selain ketepatan waktu, tarif pengiriman merupakan hal penting karena akan berdampak pada harga yang harus dibayar oleh pembeli. 
  3. Kemudian jangkauan layanan merupakan hal penting berikutnya dalam bisnis pengiriman barang, ingat tidak semua jasa pengiriman barang yang bisa melayani sampai pelosok ya. 
  4. Fasilitas jejak lacak (track and trace) tak kalah penting, khususnya untuk pertanggungjawaban kepada pembeli.


Ada banyak perusahaan pengiriman barang yang populer di Indonesia, simak beberapa perbedaan si antara mereka berikut ini, agar mudah memilih layanan yang paling tepat ketika membutuhkan jasa pengiriman barang.


1. Pos Indonesia

Kiprahnya di dalam layanan jasa pengiriman barang tidak perlu diragukan lagi. Perusahaan milik negara ini telah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga tak heran jika Pos Indonesia memiliki segudang pengalaman di bidang pengiriman barang. Bukan hanya pengiriman barang saja, Pos Indonesia juga memberikan layanan pengiriman berbagai dokumen dan bahkan uang ke semua wilayah di Indonesia.


Kelebihan:

  • Jika dibandingkan dengan perusahaan pengiriman barang lainnya, maka tarif yang dikenakan oleh Pos Indonesia lebih terjangkau dan bisa bersaing dengan baik dengan perusahaan lainnya. 
  • Pos Indonesia memiliki jangkauan pengiriman yang sangat luas, bahkan menjadi yang terluas di antara yang lainnya, sebab Pos Indonesia bahkan bisa mencapai pelosok dan pedalaman yang jarang diakses oleh perusahaan lainnya.
  • Pos Indonesia juga telah memiliki layanan online sejak tahun 2003 dan bisa diakses dengan mudah untuk berbagai kepentingan lainnya.
  • Pos Indonesia memiliki akses pengiriman yang paling murah dan terbilang cukup cepat untuk layanan pengiriman barang ke luar negeri karena tergabung dalam Persatuan Pos Dunia (Universal Postal Union). Mereka memiliki layanan EMS yang akan membuat waktu pengiriman lebih cepat.
  • Timbangan yang dikenakan lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. 
  • Dalam pengiriman barang yang kecil, Pos Indonesia akan lebih murah sebab barang akan dihitung dengan tarif per-gramn dan bukan per kilogram, sehingga barang dengan berat beberapa gram tidak akan dibulatkan tarifnya menjadi satu kilogram sekaligus.
  • Kantor pos terdapat di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia, dan ini menjadi jaminan jangkauannya yang luas dan menjadi yang terbaik
  • Tarif kiriman yang diterapkan seragam dan tidak berbeda-beda antara satu kantor pos dengan yang lainnya.
  • Pos Indonesia juga memiliki tarif khusus untuk pengiriman barang dengan berat tertentu, di mana tarif tersebut bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman itu sendiri.
  • Jam operasional yang lebih panjang di kantor pos pusat dan agenpos.

Kelemahan:

  • Kurangnya sarana promosi, sehingga orang jauh lebih mengenal perusahaan swasta lainnya sebagai perusahaan pengiriman barang. 
  • Sebagian besar orang lebih mengenal dan mengingat Pos Indonesia sebagai perusahaan pengiriman surat dan uang, bukan sebagai perusahaan pengiriman barang.
  • Beberapa market place/webstore tidak mencantumkan Pos Indonesia dalam pilihan jasa pengirimannya.
  • Hari Libur Tutup

2. JNE


Perusahaan pengiriman barang yang satu ini, adalah perusahaan pengiriman barang swasta terbaik. JNE memiliki sistem pemasaran dan juga distribusi yang cukup baik, sehingga tidak sulit baginya untuk mengembangkan sayap di bisnis pengiriman barang yang semakin hari semakin ramai.


Kelebihan:

  • Memiliki layanan costumer service yang responsif dan cepat dalam menangani berbagai keluhan konsumen. 
  • JNE memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan dengan mudah, bahkan pada jam-jam setelah pulang kantor sekalipun.
  • Memiliki jaminan uang kembali (garansi), jika sewaktu-waktu kiriman barang melampui batas pengiriman yang ditentukan (khusus paket jenis tertentu). 
  • Memiliki beberapa layanan yang budgetnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan konsumen.
  • Memiliki sistem tracking yang baik, sehingga Anda dengan mudah bisa melacak keberadaan dan proses pengiriman barang kiriman.
  • Bisa mengirim dokumen dan berbagai surat berharga lainnya.

Kelemahannya:

  • Pengiriman terkadang melebihi waktu yang telah diperkirakan sejak awal.
  • Nomor resi pengiriman seringkali sulit untuk dilacak.
  • Pengiriman tidak menjangkau pelosok dan hanya terbatas pada kota-kota besar saja.
  • Tarif pengiriman yang diterapkan terbilang lebih mahal, jika dibandingkan dengan perusahaan pengiriman barang lainnya.

3. TIKI


Tiki merupakan perusahaan pengiriman barang swasta yang telah berumur cukup panjang di Indonesia, meskipun belakangan namanya bersaing sangat ketat dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang serupa. TIKI memiliki pengalaman yang panjang di bisnis ekspedisi, perusahaan ini bahkan mampu bertahan hingga di usianya yang telah lebih dari 30 tahun.


Kelebihan:

  • TIKI menerapkan tarif pengiriman yang sangat kompetitif dan bahkan tergolong lebih rendah dari perusahaan pengiriman lainnya.
  • Memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang pengiriman barang. 
  • Memiliki sistem tracking yang memudahkan pelacakan barang kiriman.
  • TIKI memiliki lebih dari 250 cabang yang tersebar di Indonesia, sehingga mudah ditemukan.
  • Memberikan pelayanan pengiriman bergaransi. 
  • Memiliki layanan yang variatif dan bisa disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan konsumen.

Kelemahannya:

  • Hotline yang tersedia sulit dihubungi.
  • Kurir tidak berinisiatif untuk menelepon penerima barang, jika sewaktu-waktu barang tidak terkirim karena alamat sulit ditemukan atau karena adanya alasan yang lain.
  • TIKI hanya menjangkau pengiriman di kota-kota besar dan tidak sampai ke pelosok atau pedesaan.

4. Fedex


Fedex menjadi pilihan bagi para konsumen yang ingin mengirimkan barang dan juga berbagai dokumen lainnya ke luar negeri. Perusahaan pengiriman barang ini memiliki jangkauan yang cukup luas, sehingga banyak digunakan oleh semua kalangan yang memiliki kepentingan pengiriman barang antara negara.


Kelebihan:

  • Sangat bangus untuk kiriman luar negeri khususnya Eropa.
  • Sistem lacak kiriman (track and trace) yang bagus
Kelemahan:

  • Tidak direkomendasikan untuk kiriman ke wilayah pelosok Indonesia

5. DHL


Jasa pengiriman barang DHL hadir di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, . Dengan tenaga kerja lebih dari 340.000 karyawan, memberikan solusi bagi kebutuhan logistik.
DHL merupakan bagian dari Deutsche Post DHL Group, perusahaan pos dan logistik terdepan di dunia. DHL mencakup unit bisnis DHL Express, DHL Parcel, DHL eCommerce, DHL Global Forwarding, DHL Freight dan DHL Supply Chain.


Kelebihan : 
  • Sangat bangus untuk kiriman luar negeri khususnya Eropa.
  • Sistem lacak kiriman (track and trace) yang bagus

Kelemahan : 
  • Tidak direkomendasikan untuk kiriman ke wilayah pelosok Indonesia.   

6. Pandu Logistik

Perusahaan dengan nama lengkap PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 1992 oleh DR HM Bhakty Kasry. Berawal dari sebuah ruko kecil di kawasan Jakarta Utara, perusahaan ini berhasil menunjukan eksistensinya di bidang jasa pengiriman ekspres domestik.

Awal tahun 2000, Pandu Siwi Group didirikan dengan brand markingnya bernama Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo. Pandu Logistik kini telah memiliki cabang yang berjumlah 150 cabang dan karyawan lebih dari 2000 orang yang tersebar di Indonesia serta jaringan team work yang tersebar di sebagian besar negara di dunia.


7. ESL


ESL Express merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang dengan jaringan kantor cabang yang meliputi 1 kantor pusat dan 77 Kantor Cabang di 40 Kota , 20 Kantor Perwakilan dan 347 Kantor Agen di 138 Kota dengan wilayah jangkauan  ke 300 kodya / kabupaten yang meliputi 3600 kecamatan di 34 provinsi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.


ESL Express didukung lebih dari 850 SDM dan lebih dari 1200 tenaga kemitraan yang handal dan profesional di berbagai wilayah di Indonesia.
Saat ini armada pendukung dalam pengiriman barang mencapai lebih dari 450 Armada Bus Lorena Grup, 194 Grand Max, 84 Motor, 33 Bus Wagon dan 9 Tronton Box Truck yang mencapai panjang 8,5 Meter dengan kapasitas 15.000 Kg, ESL Express telah memiliki lebih dari 346 kendaraan operasional.



Kelebihan : 
  • Jasa pengiriman barang ini sangat kuat untuk wilayah Jawa dan Sumatera karena menggunakan armada bus Lorena, para pedagang offline banyak yang menggunakan jasa ESL untuk kiriman jawa-sumatera.


Kelemahan :
  •  Jaringan layanan masih terbatas.



7. Indah Logistik


Didirikan oleh Arizal Aziz pada awal tahun 2000 dengan nama CV Indah Travel yang berkembang pesat di daerah Sumatera. Karena titipan barang semangkin banyak, perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas dan disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang. Dan pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

Akibat terjadi ketidakcocokan antara komisaris dan pediri perusahaan, terjadilah perpisahan dan pembagian asset perusahaan. PT Indah Cargo dihentikan kegiatannya dan diganti dengan didirikannya PT Indah Logistik pada tanggal 23 Desember 2011 yang juga bergerak di bidang jasa titipan.



8. Wahana Logistik


Memiliki nama lengkap PT. Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan nama Wahana Courier & Air Cargo Specialist merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak bulan Juni 1998 dengan 5 orang pegawai dan hanya melayani jasa pengiriman dokumen dalam kota Jakarta.

Sejak tahun 2002, perusahaan pengirman barang ini mulai mengembangkan jasa pengirimannya, tidak hanya melayani pengiriman dokumen tetapi juga mulai melayani pengiriman paket/barang besar maupun kecil untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia. Pada Juli 2005 pelayanan pengirimannya ditingkatkan dengan melayani pengiriman ekspor lewat udara dan membuka kantor cabang di Singapura. Kini Wahana Logistik telah memiliki 44 kantor cabang utama yang tersebar diseluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.


9. PT Pos Logistik Indonesia


Jasa Pengiriman Barang PT Pos Logistik Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT Pos Indonesia (Persero), kantor cabangnya baru di kota-kota besar Indonesia. Perusahaan ini lebih berorientasi kepada pelanggan besar, sehingga kurang diketahui oleh masyarakat. Beberapa proyek pemerintah dan BUMN banyak yang dikerjakan oleh perusahan ini.



10. First Logistics


Berkantor pusat di Tangerang, PT Synergy First Logistik merupakan mitra resmi dari beberapa toko online terkemuka seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Blanja.com, Elevenia, Bilna, dan Blibli.com. Didirikan pada tahun 2007, perusahaan pengiriman barang ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (one night services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).



11. KA Logistik





Jasa pengiriman barang PT Kereta Api Logistik adalah anak perusahaan  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api (KA), dengan cakupan bisnis "door to door" (DTD) service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan purna serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Terminal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

Orientasi bisnis KALOG kedepan adalah sebagai penyedia jasa layanan distribusi logistik secara total (Total Logistics Solution) melalui “End-to-End Services” atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.

Fungsi dan peran KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai “pencipta nilai tambah (value-added creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan gudang.

Fokus dan penguatan peran penting KALOG ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post-Service dari layanan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta integrated-service berbasis information technology sepanjang rantai jasa layanan distribusi logistik.

Kelebihan : rekomended untuk kiriman-kiriman jumbo

Kelemahan : hanya terdapat di dalam wilayah jaringan Kereta Api (khususnya dalam jawa)


12. J.&. T Express


Pendiri J  .&. T Exspres merupakan mantan-CEO OPPO Indonesia bernama Mr.Jet Lee dan Pendiri OPPO Internasional yang bernama Mr. Tony Chen.


J  .&. T Express merupakan perusahaan pengiriman barang yang menitikberatkan pada pengembangan teknologi. Melayani pengiriman ke seluruh pedalaman kota, domestik dan internasional termasuk bisnis e-commerce. Menyediakan layanan pengambilan barang dan mengantar dengan cepat ke konsumen, pada waktu yang bersamaan kami juga mendukung perkembangan bisnis e-commerce.  


Kelebihan : Layanan jemput kiriman di tempat walau hanya satu barang.
Kelemahan : Jaringan masih terbatas, hanya terdapat di kota-kota besar.

Siapakah yang lebih baik? itu tergantung selera, yang jelas mereka kadang bekerjasama loh...contohnya banyak kiriman JNE dan TIKI dikirim melalui Pos..