Inilah Beberapa Yang Menjadi Penyebab Korupsi

Mayoritas para koruptor beralasan bahwa motif mereka korupsi adalah "Gaji kecil " , tapi fakta membuktikan bahwa mayoritas koruptor adalah para pejabat yang otomatis gajinya lebih besar dari staffnya.

Berikut beberapa penyebab korupsi :
  1. Besar pasak dari pada tiang. Jadi motif utama bukanlah "gaji kecil" tetapi "merasa gaji kecil/tak cukup" hal ini diakibatkan oleh gaya hidup yang tinggi ataupun karena tuntutan istri (biasanya termasuk golongan suami takut istri).
  2. Sistem yang kurang pengawasan. Tempat suamiku bekerja sistem pengawasan internalnya sangat bagus terkenal dengan julukan pengawasan segi tiga, setiap satu kegiatan diketahui oleh minimal 3 (tiga) bagian .Jadi hanya membutuhkan waktu paling lama 2 (dua) bulan untuk mengetahui adanya tindak kecurangan.
  3. Budaya Kerjasama. Nah walaupun terdapat sistem yang bagus tetapi jika adanya kerjasama pada semua lini biasa yang biasa disebut korupsi berjamaah.
  4. Mental Qirun.Qirun adalah pengusaha pada jaman Fir'aun yang melakukan korupsi. Mental Qirun disini adalah mental yang selalu merasa tidak cukup  terhadap apa yang sudah dimiliki.
Silahkan Baca Juga :



    Reaksi: